Penelitian yang ditulis oleh Puput Lestari, Juliana Kapan, dan Harnida Wahyuni Adda menjelaskan bahwa bauran pemasaran merupakan strategi pemasaran produk yang membantu perusahaan  bersaing dalam dunia bisnis yang kompetitif.Â
Di sisi lain, seperti yang kami jelaskan, bauran pemasaran merupakan revolusi dari konsep pemasaran tradisional yang awalnya hanya mencakup empat unsur. Karena semakin meningkatnya kebutuhan akan konsep pemasaran, maka bauran pemasaran berkembang menjadi tujuh elemen. Hal ini sesuai dengan karya Etty Caroline, Imam Santoso, dan Panji Deoranto tentang konsep 4P (product, price, place,  Promotion) yang dikembangkan oleh McDaniel dkk. telah dikembangkan. (2012) Seiring berkembangnya dunia bisnis, banyak perubahan yang terjadi  khususnya dalam bidang pemasaran. Menurut Lovelock dan Wright (1999), dalam bidang pemasaran jasa, alat 4P telah berkembang menjadi 7P, yang mencakup orang, proses, dan bukti fisik.
Bauran pemasaran merupakan variabel kemampuan yang mencakup  7P:  produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik. Maria Nurhayati mengatakan hal ini memerlukan strategi pemasaran yang handal karena menciptakan strategi bauran pemasaran berarti menciptakan nilai bagi pelanggan dan membangun hubungan pelanggan yang kuat dan menguntungkan, berbeda pula dengan penelitian.Menurut penelitian Dayat, bauran pemasaran sekarang melibatkan penggabungan aktivitas pemasaran untuk menemukan kombinasi terbesar guna mencapai hasil yang paling positif.
Berbeda pula dengan penelitian Ahmad Masari, Muhammad Ehsan Hamdi, dan Mira Dinda Saphira yang menyatakan bahwa bauran pemasaran merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi penjualan suatu perusahaan.
Menurut penelitian Atik Nurngaeni, bauran pemasaran merupakan salah satu alat pemasaran untuk mengidentifikasi pasar sasaran dan salah satu dasar dalam menentukan strategi pemasaran.Â
Berbeda  dengan penelitian Vania Salma Nuryana dan Agus Abdurahman yang berpendapat bahwa bauran pemasaran merupakan strategi pemasaran yang sering dijadikan landasan oleh perusahaan besar  dalam kegiatan usahanya. Beberapa penelitian di atas merancang bauran pemasaran dengan menggunakan 7P: produk, harga, lokasi, promosi, sumber daya manusia, proses, dan bukti fisik, namun ada pula penelitian yang hanya menggunakan 4P: produk dan lokasi. , harga. Dan promosi.
Kesimpulannya, salah satu konsep kunci strategi pemasaran modern adalah bauran pemasaran. Konsep 4P (produk, harga, tempat, promosi) dikembangkan oleh McDaniel dkk. (2012) Seiring berkembangnya dunia bisnis, terjadi perubahan terutama di bidang pemasaran. Menurut Lovelock dan Wright (1999), dalam bidang pemasaran jasa, alat 4P telah berkembang menjadi 7P, yang mencakup orang, proses, dan bukti fisik. Bauran pemasaran merupakan variabel kemampuan yang mencakup 7P: produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H