Mohon tunggu...
Adelia Putri
Adelia Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Islam Sultan Agung

Dr. Ira Maerani, M.H. ( Dosen Fakultas Hukum ) Adelia Putri Safina ( Mahasiswa prodi Pendidikan Matematika, FKIP, UNISSULA ) Stop dreaming and start doing!

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pembelajaran Berdiferensiasi: Mengenal Strategi Efektif Guna Menangani Keanekaragaman di Ruang Kelas

21 Juli 2023   11:08 Diperbarui: 21 Juli 2023   11:14 151
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pembelajaran Berdiferensiasi: Mengenal Strategi Efektif Guna Menangani Keanekaragaman di Ruang Kelas

Adelia Putri Safina (34202100018)                                                                  

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, Unissula dan (Dr. Imam Kusmaryono, S.Pd., M.Pd. (Dosen Pengampu Mata Kuliah Psikologi Pendidikan, Unissula)

Pembelajaran Berdiferensiasi adalah pendekatan pembelajaran dimana guru merancang pengalaman belajar yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik unik dari setiap siswa. Tujuan utamanya adalah untuk mencapai pemahaman yang mendalam dan penguasaan materi oleh semua siswa, tidak hanya yang memiliki kecepatan belajar yang cepat atau gaya belajar tertentu.

Setiap siswa memiliki bakat, minat, dan kecepatan belajar yang berbeda. Keanekaragaman ini adalah suatu kenyataan yang ada diruang kelas, dan sebagai pendidik, penting untuk mengakui dan menghormati perbedaan tersebut. 

Inilah mengapa pendekatan pembelajaran berdiferensiasi menjadi semakin relevan dan penting dalam konteks Pendidikan masa kini. Pembelajaran berdiferensiasi adalah metode pengajaran yang menyesuaikan pendekatan, materi, dan penilaian agar sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik individual setiap siswa.

Mengapa Pentingnya Pembelajaran Berdiferensiasi? 

Dalam kurikulum tradisional, guru sering kali mengajar seluruh kelas dengan satu pendekatan, tanpa memperhatikan perbedaan individu dalam pemahaman atau tingkat kemampuan. Akibatnya, beberapa siswa mungkin merasa bosan karena terlalu lambat. Pembelajaran berdiferensiasi bertujuan untuk mengatasi masalah ini dengan memberikan pengalaman belajar yang lebih terpersonalisasi dan relevan bagi setiap siswa.

Menyesuaikan Materi dan Aktivitas Pembelajaran

Salah satu strategi kunci dalam pembelajaran berdiferensiasi adalah menyesuaikan materi pembelajaran dan aktivitas sesuai dengan tingkat pemahaman dan kemampuan siswa. Guru dapat menggunakan penilaian awal untuk mengidentifikasi tingkat pemahaman masing-masing siswa dan kemudian menyusun materi pembelajaran yang sesuai dengan setiap kelompok. Misalnya, siswa dengan kemampuan lebih tinggi dapat diberikan tugas yang lebih menantang dan kompleks, sementara siswa yang membutuhkan bantuan lebih lanjut dapat diberikan tugas yang lebih sederhana dan mendukung.

Pembelajaran Kolaboratif 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun