Mohon tunggu...
Adelia Paulina Pareira
Adelia Paulina Pareira Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Kuliah sambil Bekerja

22 Januari 2024   23:23 Diperbarui: 23 Januari 2024   00:10 78
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Kuliah dan Bekerja

Kuliah adalah impian setiap orang namun berbeda dengan saya
Di mana di tahun 2015 yang lalu setelah tamat SMA, semua teman2  berlomba 2 untuk mendaftarkan diri di setiap universitas namun berbeda dengan saya, saya harus di rumah saja dan mbantu orang tua karena tidak memiliki biaya untuk melanjutkan kuliah, setiap hari di rumah bantu orangtua dan berkebun suatu hari ada tante saya menawarkan untuk pergi ke Bali dia, membujukn saya dan akhirnya saya menyetujui karena ditanggung uang  tiket pesawat  dan uang jalan, tapi sayang sebelum berangkat mama saya mendapatkan kecelakaan dan matanya harus dilakukan operasi saya sangat merasa sedih karena harus meninggalkan mama dan tidak bantu merawatnya meskipun dirumah masih ada 4 saudara saya yg bisa mengurus nya tetapi saya tetap  merasa blm  bisa menjadi anak yg bisa membantu orang tua, singkat cerita say sudah di bandara dan harus terbang jam 11 cek in jam 9, tetapi karena terlambat 30 menit sebelum pesawat terbang tetapi kita sudah tidak dibikin masuk karena dinyatakan terlambat, tetapi waktunya msih sdikit bnyk, maklum bru pertama kali mau merantau jadi tdk tau aturan dan jadwalnya, kemudian kita menunggu tlopon dari bos di bali dia kaget dan bertanya, bagaimana bisa hangus, dan dia langsung membokoking tiket ulang untuk hati itu juga tetapi kita harus transfer surabaya kami lun menyetujuinya singkat cerita sampai di bali udah jam 6 sore, dan di jemput paman dengan bibi singkat cerita kita nginep tiga hari di rumah paman dan bibi kemudian langsung masuk kerja pindah ke rumah bos disana saya kerja sebagai baby sister sekalian pembantu rumah tangga berjalan 2 atau 3 bukan saya resign karena tidak kuat tiap hari, bangun pagi bersih-bersih rumah, jam 10 antr anak ke sekolah pulang tidak istrhat langsung bantu bersih2 rumah, lagi setelah itu lanjut lagi ikut ibadah karena bos saya seorang hamba Gembala, singkat cerita saya di jemput sepupu baju saya isi di kresek warna merah dan hitam belakang ternyata sepupu saya belum bisa bonceng orang tapi dia mmbranikan diri akhirnya kami tiba di kosan nya setelah tiga hari says langsung masuk kerja lagi tapi kali ini beda kerjaannya setiap pagi bersih bersih rumah jam 10 ke toko karena bantu jualan di toko bangunan jam tiga sore suda kembali di rumah untuk setrika dan bersih2 lagi
Singkat cerita 4 tahun kerja dan nyaman disana walaupun gajinya tidak naik2 tapi masih bisa disyukuri tahun 2020 saya ambil cuti dan pulang kampung karena pernikahan mama kecil saya, singkat cerita 2021 Januari balik kembali dan masih kerja di tempat yang sama, berjalannya waktu saya di tawar kan sepupu untuk kuliah dan saya pun menyetujui nya, akhirnya saya memutuskan untuk mendaftarkan diri di Universitas waktu itu masih panas panasnya corona jadi darii Orientasi dan Kuliah masih semua berjalan online, semuanya saya rahasiakan karena takut tidak mendapatkan ijin dari bos, tetapi dengan berjalannya waktu bos pun mengetahuinya singkat cerita di suatu Sore Pukul 16:00 saya menutup toko tempat sy bekerja seperti biasa karena sehari2 sudah sperti itu tetapi mungkin bos tidak pernah mengetahuinya kalau kita tutup semua sama jam 16:00 atau 16:30 pokoknya ikut toko yang utama, singkat cerita bosnya marah katanya disana tutup pukul 17:00, tetapi tukang tukang jam 16:00 semua sudah istrhat dan selesai beres2 tinggal tunggu pulang tetapi bosnya marah dan langsung memecat saya walaupun saat itu saya sempat meminta maff karena tidak tau harus mengikuti tokonya utama tetapi ternyata beda karena di bayar harian, dengan sombongnya bos saya berkata sekarang cari kerja susah jadi kamu mau cari di mana silakan tapi saya tidak ijinin kamu kerja lagi,. Astaga kejam banget  pikir ku dan menangis sedih, singkat cerita saya mencari kos dan 3 hari langsung pindah syukurlah pas juga bulan Desember jadi ngitung 2 libur lah Natalan, syukur lah bulan Januari 2022 sudah langsung mendapatkan kerjaan baru,, tgl26 Januari langsung kerja di tempat kerja masih privasi soal kuliah dngn berjalannya waktu satu tahun masih belum juga ada yg tahu, sudah kuliah offline tapi kadang kuliah says ada yg bolong karena harus kerja malam berjalannya waktu 2  bulan ganti manager dan saya beranikan diri mengungkapkan kalau saya juga kerja dan Harus kuliah juga, syukur lah mendapatkan ijin dan akhirnya kuliah dan Kerajaan berjalan dengan lancar tidak bertabrakan sekarang saya sudah menduduki semester V (lima) doakn saya ya Semoga sisa tiga semester ini semuanya dapat berjalan dengan lancar
Dan kita lanjut lagi cerita nya
Untuk teman- teman atau adik kaka dimanapun berada jngan berkecil hati ketika belum beri kesempatan untuk kuliah sabar kalau itu sudah rezekinya kita pasti kita akan mendapatkan nya dengan segala usaha kita

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun