MANFAAT MANAJEMEN WAKTU
Manajemen waktu umumnya adalah suatu perencanaan, mengorganisir, menggerakkan, dan pengawasan terhadap produktivitas waktu. Waktu merupakan salah satu sumber daya yang harus dikelola dengan baik agar individual atau organisasi bisa mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
Manajeman waktu juga dapat di artikan sebagai suatu metode atau cara untuk memfaatkan dan mengatur setiap bagian waktu dalam mengerjakan aktivitas yang sudah direncanakan dan harus diselesaikan dalam jangka waktu yang sudah di tetapkan.Â
Tujuan dari manajemen waktu adalah untuk melakukan pekerjaan secara efektif dan efisien. Efektivitas dalam sebuah pekerjaaan bias di lihat dari tercapainya tujuan atau target yang sudah di tetapkan dalam manajemen.
Berikut ini adalah beberapa manfaat manajemen waktu dalam kehidupan pribadi. Manajemen waktu yang baik dapat dilihat dari alokasi waktu untuk bekerja dan juga waktu untuk kehidupan pribadi diluar pekerjaan. Berikut ini manfaat manajemen waktu dalam kehidupan pribadi :
- Kemampuan individu dalam mencapai produktifitas dan efisien yang lebih besar
- Memiliki reputasi profosional yang lebih baik
- Terhindar dari tekanan atau stress akan berkurang
- Membantu meningkatkan peluang dalam mencapai kesuksesan
- Memiliki keseimbangan dalam kehidupan pribadi dan kesempatan karier yang lebih baik
Dari manfaat itu bisa diambil kesimpulan bahwa manajemen itu sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari agar kita tidak membuang-buang waktu dengan sia-sia dan juga agar kita bisa mengerjakan aktivitas dengan sesuai dan baik. Manajemen juga sangat bermanfaat dalam membantu kita dalam pekerjaan yang harus diselesaikan denga tepat waktu.
Baca Juga:Â Bukan Soal Pekerjaan Pokok atau Sampingan, tetapi Soal Manajemen Waktu