Nama Penulis : Adelia Fitri Pradista Kurniasari, Dra. Diana Juni Mulyati, M.M
Perguruan tinggi merupakan salah satu lembaga pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia, perguruan tinggi memiliki peranan dan tanggung jawab dalam mempersiapkan mahasiswa menjadi anak-anak generasi penerus yang nantinya akan menjadi para pemimpin bangsa, generasi muda ini akan menjadi alat pergerakan dalam pembangunan Indonesia. Untuk menilai kesiapan mahasiswa dengan kondisi kerja di lapangan maka mahasiswa dapat mewujudkan program tersebut dengan melaksanakan kegiatan magang yang merupakan salah satu program yang ada di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.
Program magang merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus diselesaikan oleh Mahasiswa Prodi Administrasi Niaga Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Dalam melaksanakan magang ini diharapkan dapat memperkenalkan dan menumbuhkan kemampuan dalam dunia kerja nyata.yang terjadi dalam instansi atau Lembaga dan dapat menunjang pengetahuan secara teoritis dari materi perkuliahan. Program magang hadir untuk membantu mahasiswa mengenal, memahami dan memperoleh pengalaman dunia kerja yang sebenarnya, serta memahami sejauh mana mahasiswa harus mempersiapkan diri apabila memasuki dunia kerja.
Memanfaatkan kesempatan kegiatan magang kerja lapangan, saya melakukan magang kerja lapangan di PT. ASABRI (Persero) Surabaya, merupakan salah satu kantor Badan Usaha Milik Negara yang bergerak mengelola program asuransi sosial bagi Prajurit TNI, anggota Polri dan Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN). Praktek kerja lapangan ini berlangsung selama 40 hari dimulai pada tanggal 15 Januari -- 8 Maret 2024. Departemen penempatan magang ada 2 yaitu di Pelayanan dan Administrasi Umum, saya ditempatkan di bidang Administrasi Umum. Pengalaman magang ini diharapkan dapat menciptakan peluang kemitraan antara dunia pendidikan dan dunia kerja.
Dalam bidang pekerjaan tugas-tugas yang penulis lakukan yaitu menginput data peserta asuransi ke dalam website pelayanan dan aplikasi, mencari database peserta pensiun ASABRI, mengupdate data peserta asuransi untuk diperbaiki, melayani untuk membantu peserta dengan menanyakan urusan yang ingin dilakukan, menyortir dosir dalam gudang untuk dipilih dan disusun sesuai dengan keterangan yang diberikan, scan dokumen untuk dipindah ke dalam file folder yang disediakan pada layanan. Kinerja tim divisi Administrasi dan Umum (ADUM) mempengaruhi terhadap hasil kinerja ADUM.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H