Mohon tunggu...
Adelia eka sekar ayu
Adelia eka sekar ayu Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa PMM3 Inbound Universitas Adzkia

Mahasiswa Universitas Insan Budi Utomo Malang yang sekarang sedang menjalani program pemerintah yaitu Pertukaran Mahasiswa di universitas Adzkia, Padang Sumatra Barat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Bahasa Indonesia

15 Januari 2024   20:52 Diperbarui: 15 Januari 2024   21:00 316
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tugas Akhir Keterampilan Menulis

Tema : Model Pembelajaran dalam Bahasa Indonesia

Judul : Penerapan Model Pembelajran Berbasis Masalah dalam Bahasa Indonesia

Nama : Adelia Eka Sekar Ayu

Nim    : 2221000310084

Mata Kuliah : Keterampilan Menulis

Dosen Pengampu : Dina Fitria Handayani, M.Pd.

 

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Bahasa Indonesia

          Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) merupakan pendekatan pembelajaran yang menitikberatkan pada proses pemecahan masalah autentik yang relevan dengan kehidupan. Pendekatan ini menggunakan siswa sebagai agen aktif yang berperan sebagai pemecah masalah. PBM dirancang untuk mendorong siswa berpikir kritis, berkolaborasi dalam tim, dan mengembangkan keterampilan belajar seumur hidup. Pendekatan ini mengasumsikan suatu masalah yang perlu dipecahkan, bukan pengetahuan yang perlu dipelajari. Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) juga menekankan pada penggunaan konteks nyata yang mencerminkan situasi kehidupan sehari-hari, sehingga siswa dapat mengaitkan pembelajaran dengan pengalaman praktis mereka. Selain itu, PBM memberikan ruang bagi guru untuk berperan sebagai fasilitator yang memandu dan mendukung siswa dalam mengeksplorasi solusi serta membangun pemahaman yang mendalam terhadap materi pembelajaran.

          Model pembelajaran berbasis masalah (PBM) dalam  pembelajaran bahasa Indonesia didasarkan pada prinsip yang sama dengan pengertian PBM secara umum. Artinya, penekanan pada proses pembelajaran terfokus pada pemecahan masalah yang berkaitan dengan bahasa. Namun dalam konteks ini permasalahan yang diajukan dan proses penyelesaiannya memerlukan penggunaan bahasa Indonesia. Dengan cara ini, siswa belajar dalam konteks yang bermakna dan relevan dengan kehidupan mereka jika dipadukan dengan pembelajaran bahasa Indonesia. Selain itu, PBM juga membantu siswa  mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan kemampuan  menerapkan pengetahuan dalam kehidupan nyata, situasi sehari-hari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun