Tugas Akhir Keterampilan Menulis
Tema : Model Pembelajaran dalam Bahasa Indonesia
Judul : Penerapan Model Pembelajran Berbasis Masalah dalam Bahasa Indonesia
Nama : Adelia Eka Sekar Ayu
Nim   : 2221000310084
Mata Kuliah : Keterampilan Menulis
Dosen Pengampu : Dina Fitria Handayani, M.Pd.
Â
Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Bahasa Indonesia
     Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) merupakan pendekatan pembelajaran yang menitikberatkan pada proses pemecahan masalah autentik yang relevan dengan kehidupan. Pendekatan ini menggunakan siswa sebagai agen aktif yang berperan sebagai pemecah masalah. PBM dirancang untuk mendorong siswa berpikir kritis, berkolaborasi dalam tim, dan mengembangkan keterampilan belajar seumur hidup. Pendekatan ini mengasumsikan suatu masalah yang perlu dipecahkan, bukan pengetahuan yang perlu dipelajari. Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) juga menekankan pada penggunaan konteks nyata yang mencerminkan situasi kehidupan sehari-hari, sehingga siswa dapat mengaitkan pembelajaran dengan pengalaman praktis mereka. Selain itu, PBM memberikan ruang bagi guru untuk berperan sebagai fasilitator yang memandu dan mendukung siswa dalam mengeksplorasi solusi serta membangun pemahaman yang mendalam terhadap materi pembelajaran.
     Model pembelajaran berbasis masalah (PBM) dalam  pembelajaran bahasa Indonesia didasarkan pada prinsip yang sama dengan pengertian PBM secara umum. Artinya, penekanan pada proses pembelajaran terfokus pada pemecahan masalah yang berkaitan dengan bahasa. Namun dalam konteks ini permasalahan yang diajukan dan proses penyelesaiannya memerlukan penggunaan bahasa Indonesia. Dengan cara ini, siswa belajar dalam konteks yang bermakna dan relevan dengan kehidupan mereka jika dipadukan dengan pembelajaran bahasa Indonesia. Selain itu, PBM juga membantu siswa  mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan kemampuan  menerapkan pengetahuan dalam kehidupan nyata, situasi sehari-hari.