Pada masa ini karena teknologi sudah sangat berkembang pesat, tidak heran hal tersebut sangat berpengaruh juga pada dunia pekerjaan. Seakan sudah seirama dengan perubahan itu, banyak masyarakat mulai beralih menggunakan sosial media untuk membantu pekerjaan mereka. Salah satunya adalah yang berkaitan dengan dunia marketing. Sangat sering dijumpai pada media sosial saat ini, iklan hingga konten dari pengguna Instagram, facebook, tiktok yang bertujuan untuk memasarkan produk yang mereka tawarkan.
Intinya dalam media sosial, sebisa mungkin mereka menggunakan laman tersebut untuk menjangkau konsumen sebanyak-banyaknya dengan segala  usia. Selain itu, mereka memanfaatkan media sosial karena media sosial merupakan sebuah laman pencarian yang memudahkan setiap orang untuk melihat dan meninjau bisnis mereka. Tentunya hal ini sangat menguntungkan bagi para pelaku usaha.
Ada banyak manfaat yang didapat jika pemilik usaha menggunakan sosial media untuk membantu pemasaran produknya. Diantaranya adalah :
- Menambah dan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan
Seperti yang sudah disebutkan dalam penjabaran sebelumnya,  sosial media dapat digunakan untuk memperkenalkan bisnis yang sedang kita bangun. Seperti contoh ketika kita memasang feed di Instagram secara menarik serta  mempromosikan produk dengan berbagai template yang unik, pelanggan akan tertarik dengan apa yang kita update. Lambat laun akun yang dikelola akan terus berkembang seiring berjalannya waktu.
- Â Mengurangi biaya untuk pemasaran
Setelah ditinjau lebih jauh, pemasaran melalui media  sosial dapat mengurangi biaya pemasaran. Hal ini terbukti, jika kita mengenalkan produk kita melalui baliho, iklan, atau media lainnya, tentu akan memakan biaya lebih besar dibandingkan hanya dengan memposting sebuah konten di akun media sosial kita. Selain biaya lebih rendah, grafis dari media sosial tidak kalah menarik dengan media pemasaran yang lain. Masyarakat pun pada saat ini cenderung lebih menyukai media sosial ketimbang media lainnya.
- Mengetahui hal yang diinginkan oleh konsumen
Karena sosial media digunakan hampir seluruh lapisan masyarakat yang ada di dunia, tentu tidak sulit bagi kita untuk mengetahui hal-hal yang sedang menjadi "tren" di masyarakat. Dengan lebih sering meninjau dunia digital, secara tidak langsung kita lebih memahami apa yang sedang dibutuhkan atau digemari oleh masyarakat, sehingga bisnis yang sedang kita jalankan bisa dikembangkan sejalan dengan hal yang sedang tren di kalangan masyarakat.
Bagaimana sobat? Tertarik untuk mengembangkan sosial mediamu untuk berbisnis? Atau sudahkah kalian memperoleh keuntungan yang lain selain yang sudah dijelaskan di atas? Jangan lupa untuk selalu mengembangkan bakat kreatif kalian ya!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H