Mohon tunggu...
Ade Irma Mulyati
Ade Irma Mulyati Mohon Tunggu... Guru - SDN Jaya Giri Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat

Mau berbagi itu indah karena menabur kebahagiaan, dengan ikhlas memberi semoga menginspirasi.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

4 Kunci Sukses Mencapai Tujuan Lokakarya 4 Pendidikan Guru Penggerak

18 Februari 2024   16:31 Diperbarui: 18 Februari 2024   16:35 98
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada hari Sabtu, 17 Februari 2024 CGP angkatan 4 Kabupaten Bandung Barat telah melaksanakan aktivitas lokakarya 4 bertempat di SMPN 3 Lembang. Kegiatan berlangsung dari jam 07.30-16.00 WIB. 

Selama kurun waktu tersebut CGP dan aktor pendukung melakukan pembelajaran di dalam kelas baik secara individu maupun kelompok kecil didampingi pengajar praktik.

Sebelum acara dimulai terlebih dahulu dilaksanakan pembukaan kegiatan yang didalamnya ada sambutan dari perwakilan BBGP dan dari unsur dinas pendidikan Kabupaten Bandung Barat. 

Dari sambutan tersebut peserta mendapatkan arahan terkait tujuan pembelajaran yang ingin dicapai selah kegiatan lokakarya 4 Program Pendidikan Guru Penggerak.

Tujuan pertama agar CGP mampu menunjukkan kemampuan coaching  yang dimilikinya. Untuk menjadikan seseorang mahir dalam melaksanakan coaching maka diperlukan pengetahuan, pemahaman dan latihan yang terus menerus secara berkesinambungan baik yang dilaksanakan secara mandiri maupun bersama kelompok. Hal yang dikembangkan selama lokakarya 4 agar CGP mampu melakukan praktek coaching yakni harus menjaga konsentrasi. 

Hal ini perlu agar pertanyaan pemantik yang disampaikan berupa pertanyaan terbuka. merangkai pertanyaan terbuka. Untuk mendapatkan membuat pertanyaan berbobot tersebut maka coach perlu menemukan kata kunci dari jawaban coachee. Selain itu selama melaksanakan coaching, berpedoman pada alur TIRta.

Tujuan kedua agar CGP mampu mengidentifikasi kekuatan area pengembangan dan menyusun rencana perbaikan dalam proses pembelajaran yang berpihak kepada murid. 

Pada saat akan menentukan area pengembangan yang ingin rekan sejawat kembangkan maka sebelumnya perlu dilakukan kesepakatan terkait tujuan coaching, area pengembangan yang ingin dimunculkan. 

Dari komunikasi tersebut pada akhirnya bisa didapatkan informasi terkait kekuatan dalam memahami dan menentukan solusi dari permasalahan yang dihadapi didasarkan pada potensi sendiri. Sehingga coachee bisa menyusun rencana perbaikan dalam proses pembelajaran. 

Tujuan ketiga agar CGP mampu menunjukkan kemampuan melakukan rangkaian supervisi akademik dengan menggunakan pola pikir coaching. Adapun supervisi akademik yang dipraktekkan di lokakarya 4 dengan tahapan pra supervisi, observasi praktik pembelajaran dan pasca supervisi. Secara berantai CGP didampingi pengajar praktik saling memberikan umpan balik.

Untuk mencapai target tujuan lokakarya 4 tersebut maka diperlukan 4 hal sebagai kunci sukses menuntaskan seluruh rangkaian kegiatan lokakarya 4, berupa:

1. Menjalin kemitraan diantara unsur pendukung. Dengan kesadaran diri bahwa lokakarya sebagai proses saling belajar, sharing dan menguatkan maka semu pihak akan menjalankan peran dan fungsi masing-masing secara bertanggungjawab.

2. Memperkuat kepercayaan yang dibangun selama aktivitas lokakarya 4 berlangsung. Rasa percaya menjadikan seluruh peserta lokakarya 4 berpikiran positif, beraktivitas dengan aman, nyaman dan bahagia. Hal ini menjadikan rencana kegiatan yang sudah disusun berlangsung aman, terkendali dan terjadi perasaan saling memiliki agar sukses dan lancar serta tepat sasaran.

3. Menjalin kolaborasi, menjadi poin penting untuk ditumbuhkan dan terus dipupuk diantara aktor pendukung lokakarya 4. Antara CGP dan Pengajar Praktik perlu dijalin kordinasi, komunikasi dan kolaborasi sehingga terhindar dari miskomunikasi dan mis konsepsi. 

4. Komitmen untuk berproses menggali kekuatan yang dimiliki yang nantinya menjadi aset menjadi guru yang baik yang mampu menjadi agen transformasi pembelajaran masa depan. Dengan melakukan pembelajaran yang berpihak pada murid, berkualitas dan mengayomi siswa berdasarkan keberagaman. 

Seluruh peserta perlu melakukan strategi 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun