Mohon tunggu...
Ade HK
Ade HK Mohon Tunggu... Sales - Business Development

langit memang berlapis adanya, samudra membentang luasnya. tak ubahnya diriku adanya. tak akan usai semangatku (Padi)

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Pilih Smart TV, Pilihan Jatuh ke LG 3D Smart TV

31 Oktober 2011   07:42 Diperbarui: 4 April 2017   17:52 6182
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Smart TV, which is also sometimes referred to as "Connected TV" or "Hybrid TV", (not to be confused with Internet TV or Web TV), is the phrase used to describe the current trend of integration of the internet and Web 2.0 features into modern television sets and set-top boxes, as well as the technological convergence between computers and these television sets / set-top boxes. These new devices most often also have a much higher focus on online interactive media, Internet TV, over-the-top content, as well as on-demand streaming media, and less focus on traditional broadcast media like previous generations of television sets and set-top boxes always have had.[1][2][3][4][5][6][7] Similar to how the internet, web widgets, and software applications are integrated in modern smartphones, hence also the name ("Smart TV" versus "Smart Phone").[ [WIKIPEDIA] demikian sedikit definisi mengenai Smart TV yang aku ambil dari situs Wikipedia. atau mau tahu penjabaran awamku mengenai Smart TV ? Smart TV  ialah TV yang dapat mengases internet sama halnya dengan hp yang berformat smartphone. namun pasti berbeda karena di smart tv yang notabennya ukurannya lebih besar dan tidak dalam gengaman kita, jadi smart tv ialah ruang publik yang dapat kita nikmati bersama keluarga lainnya. [caption id="attachment_145451" align="alignnone" width="300" caption="Online melalui TV sesuatu pengalaman yang beda "][/caption] sumber http://lgsmart3d.com/smarttv/ [caption id="attachment_145453" align="alignnone" width="300" caption="web samsung sungguh menarik"][/caption] sumber : http://www.samsung.com/id/smarttv/index.html sudahlama aku mencari tahu keunggulan kedua Smart TV, antara  LG dan Samsung. setiap kali main ke  dua Web itu entah kenapa ketika di web  samsung sungguh mengasikkan, karena konsep web tersebut yang menarik dengan sentuhan gambar yang atraktif dan musik yang mengalir di dalam web itu. tapi pada minggu kemarin aku berkesempatan membandingkan head to head antar keduanya sebelum memutuskan untuk memberlinya. apa yang akhirnya aku pilih? Niatku mengganti TV akhirnya kesampean. Terus terang, aku tidak banyak tahu tentang dunia elektronik, selain mengunjungi dari web- web mereka ( samsung dan LG )  akhirnya baru kemarin aku kesampean mengunjungi pameran elektronik yang digelar Electronic City Mall Taman Anggrek (MTA) Jakarta Barat. Sampai di MTA lantai dasar, aku langsung disambut oleh Sales Promotion Girl (SPG) yang cantik dan wangi

:)
:)
, dan mengarahkan saya untuk memasuki arena pameran tersebut.  Saya datang dari sisi kiri Mall, pas masuk  langsung ke stand Samsung. Saya saksikan deretan TV dengan variasi ukuran sehingga membuat saya penasaran untuk memperhatikan satu-persatu dari TV tersebut. Pertanyaan-pertanyaan dari orang awam seperti saya membuat seorang SPG selalu mendampingi dan menjelaskan dengan detil kelebihan-kelebihan TV Samsung. Dia menawarkan saya dengan TV 3D LED TV ukuran 46″ dengan harga Rp. 19.497.595,-  Penasaran dengan potongan harga yang lumayan besar (harga asli Rp 23.389.000) terus terang aku kepincut untuk memilikinya. aku coba telurusi specknya, desain hingga tampilan gambarnya. “Ah, aku belum bisa membandingkan”, kataku dalam hati. setelah beberapa lama aku tertegun dengan fitur-fitur yang dimiliki Smart TV Samsung, mulai dari You Tube, Lubitu, Antara News, Social TV, Ghiboo.com, Skype, dan lain sebagainya. aku mencoba meng-klik You Tube dan menyaksikan pemutaran konser musik Jazz  “Casiopea”. Akses internetnya yang baik menjadikan pemutaran konser berjalan baik tanpa buffering. Kemudian saya browsing KBN Antara untuk sekedar membaca deretan berita2 terkininya. Konsep Smart TV  dalam persepsi saya benar-benar dihadirkan dengan sempurna oleh Samsung. Oh, ya sebagai penggemar dokumentasi, saya izin kepada SPG-nya untuk mengambil gambar tampilan Samsung Smart TV.
Sehabis dari stand Samsung, aku mampir ke stand LG yang kebetulan bersebelahan. Promo besar-besaran juga digelar oleh perusahaan elektronik terkemuka asal Korea Selatan ini.  Membeli TV Cinema 3D ukuran 55″ berhadiah langsung AC 1 PK merek LG. Harga asli LED TV LG 55″ Rp. 26.989.000 mereka tawarkan dengan potongan yang lumayan, menjadi 23.389.000,- plus berhadiah AC. Menurut aku, harga relatif lebih murah dibanding Samsung. “Aha sepertinya aku berubah pikiran untuk memiliki LG sekarang,”, kataku dalam hati. Penasaran dengan harga yang ditawarkan aku mencoba menelusuri spesifikasinya lebih lanjut. Salah seorang Sales menjelaskan dengan detil tentang spek TV ini, mulai dari Full HD 3D (resolusi 1920-1980 p), Smart TV, Hard Panel IPS, Certified Flicker Free, Magic Motion Remote,  hingga bonus kacamata 3D yang jumlahnya 10 buah. Hmm menarik sepertinya. Lalu saya mengambil posisi duduk dan  menggunakan  kacamata 3D yang disediakan, saya coba menelusuri detil gambarnya. Wuihhhh, mantap gambarnya….Efek 3D-nya begitu keluar dengan gambar yang tajam (lebih tajam dari Smart TV Samsung). Lumayan lama saya berada di distand LG, sembari bertanya-tanya saya mencoba mengambil gambar/foto. Sehabis dari LG saya sempat kembali ke stand Samsung, untuk kembali meyakinkan diri bahwa kualitas gambar LG lebih baik, dan ternyata memang benar. Gambar Samsung rada-rada “fade away” alias pucat-pudar dan tidak setajam Smart TV LG. Ohya, sebelum memutuskan membeli, aku juga menghampiri stand Panasonic dan Sharp. Namun, karena sudah “jatuh hati” dari pandangan pertama, aku akhirnya memilih membeli   Smart 3D TV merek LG 55″, lumayan dapat  bonus AC. Satu hal yang ingin aku coba setelah Smart 3D TV sampai rumah, yakni langsung ingin mengkoneksi TV tersebut dengan internet. Internet TV aku coba ingin maksimalkan penggunaannya, karena aku memang suka browsing  tentang2 hal-hal yang baru.  Termasuk mengekplorasi TV Pintar, berikut Aplikasi TV-nya. Proses pembayaran dengan antrian yang lumayan panjang, menjadi kesan tersendiri menghadiri acara pameran elektonik di MTA ini. aku baru ingat, inikan hari terakhir pameran yang digelar sejak jumat kemaren.. pantas pengunjung pameran ini buanyak banget. Setelah membayar, saya bergegas naik satu lantai untuk mengambil gambar suasana Antrian:).

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun