Sikap merupakan unsur psikologis yang muncul setelah adanya persepsi terhadap sesuatu hal. Sehingga orang sebelum bersikap terhadap suatu hal, ia harus mengetahui hal tersebut untuk membentuk suatu sikap terhadap hal tersebut. Sikap belajar pada diri peserta didik perlu dibangun sedemikian rupa secara sadar agar peserta didik melakukan aktivitas belajar sesuai dengan hakikat dan tujuan belajar. Sikap belajar peserta didik merupakan kesiapan mental peserta didik melalui pengalaman serta memberikan pengaruh secara langsung terhadap respons peserta didik nantinya. Sikap belajar peserta didik harus dikuatkan dari waktu ke waktu secara kontinu, sebab sikap merupakan kondisi yang dinamis dan sikap terbentuk dari hasil pengalaman peserta didik itu sendiri. Sikap belajar merupakan kecenderungan berperilaku yang dapat bersifat positif dan negatif.
A. PENGERTIAN SIKAP BELAJAR PESERTA DIDIK
Sikap merupakan unsur awal seseorang sebelum melakukan sebuah tindakan. Sikap dapat juga diartikan sebagai niat seseorang berkaitan dengan kontrol atau kendali seseorang terhadap respons pada suatu keadaan tertentu yang dihadapi oleh orang tersebut. Garrett menyatakan bahwa pembentukan dan perubahan sikap dipengaruhi oleh dua faktor utama yaitu:Â
(1) faktor psikologis, seperti motivasi, emosi, kebutuhan, pemikiran, kekuasaan, dan kepatuhan, semuanya merupakan faktor yang memainkan peranan dan menimbulkan atau mengubah sikap seseorang.
 (2) faktor budaya, seperti status sosial, lingkungan keluarga dan pendidikan juga merupakan faktor yang berarti menentukan sikap manusia.
Sikap belajar peserta didik yang dimaksud dalam konteks ini adalah suatu sikap yang terwujud dalam bentuk perasaan senang atau tidak senang terhadap suatu pelajaran. Sikap belajar peserta didik harus dibentuk, dikembangkan, dipelihara, dan terus diperkuat secara kontinu agar ia selalu merasa senang terhadap pelajaran. Rasa senang peserta didik terhadap pelajaran akan meningkatkan motivasi belajarnya, sehingga dengan meningkatnya motivasi belajar peserta didik, diharapkan prestasi belajarnya juga terus meningkat.
B. KOMPONEN SIKAP BELAJAR PESERTA DIDIK
Secord dan Bacman membagi sikap menjadi tiga komponen, yaitu:
1) Komponen Kognitif
yaitu komponen yang terdiri dari pengetahuan; pengetahuan inilah yang akan membentuk keyakinan dan pendapat tertentu tentang objek sikap.
2) Komponen Afektif