Mohon tunggu...
Achsani Zidni
Achsani Zidni Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

mahasiswa yang suka menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Magang di SMP IT Alam Nurul Islam, Amazing Experience

13 Januari 2024   12:42 Diperbarui: 13 Januari 2024   12:45 90
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Magang yang saya jalani di SMP IT Nurul Islam Yogyakarta tak hanya memperkenalkan saya pada pendekatan holistik dalam pendidikan, tetapi juga membuka pintu untuk terlibat dalam proyek inovatif yang menghasilkan pengalaman luar biasa. Dalam kerjasama erat dengan tim, kami berfokus pada pengembangan solusi kreatif yang bertujuan meningkatkan pembelajaran dan kesejahteraan siswa. Proyek ini tidak hanya memperkaya keterampilan kerja tim saya, tetapi juga memberikan rasa memiliki terhadap kontribusi positif yang dapat kami berikan bagi kemajuan sekolah.

Menghadapi tantangan proyek inovatif ini, saya belajar bagaimana menggabungkan ide-ide kreatif dengan kebutuhan konkrit sekolah. Diskusi reguler dengan tim dan sesi brainstorming membantu mengasah kemampuan berpikir kritis dan kreatif saya. Kami tidak hanya menemukan solusi praktis untuk memperbaiki proses pembelajaran, tetapi juga merancang strategi untuk meningkatkan kesejahteraan siswa secara keseluruhan. Pengalaman ini mengajarkan saya bahwa pendidikan tidak hanya tentang memberikan pengetahuan, tetapi juga tentang menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan holistik siswa.

Selain itu, proyek inovatif ini membawa dampak positif pada perkembangan pribadi saya. Saya belajar beradaptasi dengan dinamika kerja tim, menyelesaikan konflik, dan menemukan solusi terbaik bersama-sama. Rasa tanggung jawab terhadap hasil proyek juga membentuk sikap profesionalisme dan integritas. Saya merasa terhormat dapat berkontribusi pada sekolah ini melalui proyek inovatif, yang telah meningkatkan pemahaman saya tentang peran siswa dalam merancang perubahan positif. Pengalaman ini tidak hanya membuka mata saya terhadap dinamika pendidikan modern, tetapi juga meninggalkan jejak berharga dalam perjalanan pembentukan pribadi dan profesional saya.

Magang di SMP IT Nurul Islam Yogyakarta telah menjadi suatu perjalanan pengembangan yang luar biasa bagi saya. Selama beberapa bulan terlibat dalam berbagai aktivitas di sekolah ini, saya tidak hanya mendapatkan wawasan mendalam tentang dunia pendidikan, tetapi juga merasakan dampak positif dari lingkungan yang berorientasi pada pendekatan holistik. Pengalaman ini membuka mata saya terhadap pentingnya melibatkan siswa dalam kegiatan di luar kelas, seperti eksplorasi alam dan kegiatan pertanian, yang tidak hanya mengasah pengetahuan akademis tetapi juga mengajarkan tanggung jawab terhadap lingkungan.

Saya sangat menghargai peran guru-guru di SMP ini, yang tidak hanya menjadi pengajar tetapi juga mentor yang peduli. Mereka memberikan dukungan penuh dalam mengembangkan potensi saya, mengadakan diskusi reguler, dan memberikan umpan balik konstruktif yang membantu saya merancang langkah-langkah pengembangan pribadi untuk masa depan. Selain itu, atmosfer inklusif dan ramah di sekolah ini menciptakan lingkungan belajar yang positif, di mana saya merasa diterima dengan baik oleh teman-teman sekelas dan guru-guru.

Pentingnya pendidikan holistik dalam membentuk karakter, keterampilan, dan nilai-nilai positif telah menjadi inti dari pengalaman magang saya di SMP IT Nurul Islam Yogyakarta. Saya merasa bersyukur atas kesempatan ini dan yakin bahwa pengalaman berharga ini akan membimbing saya dalam menghadapi tantangan di masa depan, membentuk diri saya menjadi individu yang berkontribusi positif dalam masyarakat.

  • Pembelajaran Berbasis Alam

SMP IT Nurul Islam Yogyakarta menonjol dengan pendekatan pembelajaran yang unik, memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber utama pembelajaran. Pendekatan ini membuka pintu bagi siswa untuk terlibat dalam kegiatan di luar kelas, seperti eksplorasi alam dan pertanian. Dengan memanfaatkan kekayaan alam sekitar sebagai laboratorium hidup, sekolah ini tidak hanya memberikan pemahaman konsep-konsep pembelajaran, tetapi juga mendorong siswa untuk memahami bagaimana ilmu pengetahuan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Eksplorasi alam dijadikan sarana untuk mendalami konsep-konsep sains dan lingkungan, memungkinkan siswa belajar secara langsung dari keanekaragaman alam sekitar mereka. Selain itu, kegiatan pertanian menjadi peluang bagi siswa untuk memahami siklus kehidupan tanaman, tanggung jawab dalam merawatnya, serta dampak pertanian terhadap lingkungan. Ini tidak hanya menciptakan pembelajaran yang bermakna, tetapi juga membentuk sikap bertanggung jawab terhadap alam.

Partisipasi dalam kegiatan di luar kelas seperti ini tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep, tetapi juga membangun keterampilan sosial, kerjasama tim, dan tanggung jawab terhadap lingkungan. SMP IT Nurul Islam Yogyakarta dengan pendekatan ini berhasil menciptakan lingkungan belajar yang merangsang rasa ingin tahu siswa, serta membantu mereka mengaitkan teori dengan praktik dalam konteks nyata. Dengan demikian, sekolah ini membentuk siswa yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki pemahaman yang mendalam dan keterampilan praktis yang kuat dalam menghadapi tantangan masa depan.

  • Pendidikan Karakter

SMP IT Nurul Islam Yogyakarta tidak hanya menonjolkan aspek akademis, tetapi juga memiliki kepedulian yang besar terhadap pembentukan karakter siswa. Saya secara pribadi merasakan dampak positif melalui keterlibatan dalam kegiatan-kegiatan sosial dan keagamaan yang diadakan oleh sekolah. Melalui partisipasi ini, sekolah berhasil menciptakan lingkungan yang memupuk nilai-nilai positif dan etika moral dalam diri siswa.

Kegiatan sosial dan keagamaan menjadi sarana bagi saya untuk terlibat aktif dalam masyarakat sekolah. Interaksi yang intens dengan teman-teman sebaya dan guru-guru tidak hanya membentuk hubungan yang erat, tetapi juga memberikan inspirasi untuk mengembangkan sikap positif dan tanggung jawab. Guru-guru di SMP IT Nurul Islam Yogyakarta berperan sebagai teladan yang memotivasi siswa untuk tumbuh dan berkembang sebagai individu yang berintegritas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun