Mohon tunggu...
Achmad Sunjayadi
Achmad Sunjayadi Mohon Tunggu... Dosen - Pengajar, peneliti di Departemen Sejarah, Program Studi Belanda Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia

Penyuka sejarah, budaya, fotografi, ilmu-ilmu baru dan sesekali keluyuran secara iseng ke tempat-tempat yang unik

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Kembali ke Kompasiana

26 Mei 2024   08:22 Diperbarui: 26 Mei 2024   08:29 68
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Sebenarnya saya telah bergabung dengan Kompasiana sejak 2010 dengan menggunakan nama 'matsunjaya'.  Seingat saya sebelum saya memiliki blog pribadi, tempat mengeluarkan uneg-uneg atau hasil renungan dalam bentuk tulisan yang tidak dapat saya muat di media massa umum. Seringkali, tulisan-tulisan tersebut tersimpan dalam laptop atau coretan dalam buku. Hingga saat ini saya masih membuat berbagai catatan dalam buku. Terkadang saya tidak dapat membaca tulisan sendiri yang kelihatannya seperti simbol-simbol tak bermakna. Dari catatan-catatan tersebut saya pindahkan ke laptop, lalu saya masukkan ke blog atau kirim ke media massa.

Jumlah tulisan saya dalam akun Kompasiana yang lama lumayan banyak dengan beragam tema. Salah satu tulisan berjudul 'Dilarang Menggunakan Parfum Ketika Makan' https://www.kompasiana.com/matsunjaya/55006a5c813311275efa7977/dilarang-menggunakan-parfum-ketika-makan

Masih berkaitan dengan makanan ada artikel-artikel seperti:  'Resep Masakan dari Masa Lalu' https://www.kompasiana.com/matsunjaya/552b3c7c6ea8341728552d2d/resep-masakan-dari-masa-lalu    'Bunuh Diri Gara-Gara Ikan': https://www.kompasiana.com/matsunjaya/55006dbfa333117c6f5110ad/bunuh-diri-gara-gara-ikan

Lalu saya pernah menulis juga tentang 'Para Petani Cukup Makan Tanah':  https://www.kompasiana.com/matsunjaya/55006a52a333119a72510b9b/para-petani-cukup-makan-tanah

Selain artikel berlatar sejarah, saya juga pernah menulis fiksi berlatar sejarah Belanda: Wilhelmus  https://www.kompasiana.com/matsunjaya/550ea58e813311be2cbc672c/wilhelmus

Sebagai penghormatan untuk salah satu 'guru' saya, saya menulis untuk Prof. A.B. Lapian:  'Selamat Berlayar Professor A.B. Lapian, 'Nakhoda Maritim Asia Tenggara':  https://www.kompasiana.com/matsunjaya/550102fda333119814510964/selamat-berlayar-professor-a-b-lapian-nakhoda-maritim-asia-tenggara

 Saya tidak tahu apakah tulisan-tulisan tersebut dapat dimasukkan dalam akun baru ini. Mungkin ada di antara pembaca yang memiliki informasi mengenai hal ini. Hal yang terpenting adalah saya 'Kembali ke Kompasiana' untuk menulis demi menjaga 'kewarasan'.

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun