Keberadaan UKM saat ini memang menjadi salah satu  pelaku bisnis yang patut  untuk diperhitungkan. Bukan saja karena kemampuannya dalam melakukan pengembangan bisnis, tetapi juga karena UKM yang ada saat ini tidak saja berorientasi domestik tetapi juga internasional atau ekspor.. Sehingga bisa di katakan dengan kemampuan tersebut UKM Indonesia bisa menjadi salah satu pelaku bisnis ekspor yang akan di perhitungkan oleh eksportir yang ada di Indonesia.Â
Tetapi memang untuk menembus pasar global tidaknya mudah, karena berbeda dengan pasar domestik. Sehingga perlu adanya sratu strategi khusus yang mesti di jalankan oleh para pelaku bisnis UKM agar mereka bisa masuk ke pasar internasional. Salah satu yang bisa di jalankan adalah meningkatkan networking serta diversifikasi produk agar bisa bersaing tidak saja di dalam tetapi juga di ,uar negeri hingga pada akhirnya mampu menjadi salah satu pelaku eksportir di Indonesia.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H