Indonesia dengan beragam potensi perdagangan yang ada di dalamnya memang hingga saat ini masih menjadi satu daya tarik bisnis bagi negara negara lain yang ada di luar Indonesia untuk bisa melakukan transaksi bisnis dengan Indonesia. Hal itu cukup beralasan mengingat Indonesia adalah salah satu negara di  kawasan Asean yang memiliki potensial market yang cukup menarik di dunia. Bukan saja karena jumlah penduduk Indonesia yang besar, juga karena variasi produk yang ada di Indonesia dan  di pasarkan di dunia internasional semakin meningkat  jumlahnya. Kondisi tersebut seperti yang terlihat dari perkembangan ekspor Indonesia hingga memasuki bulan Desember 2023.Â
Berdasarkan kondisi itulah, maka Indonesia melalui Kementerian dan institusi terkait melakukan serangkaian kegiatan atau  program yang akan bisa meningkatkan performance ekspor Indonesia ke manca negara. Dengan beragam program yang di jalankan, kita semua yakin bahwa Indonesia dengan  kondisi yang ada di dalamnya akan lebih berkontribusi bagi  perdagangan  internasional tidaka saja untuk saat ini tetapi juga untuk  masa depan produk Indonesia di manca negara.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H