PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) merupakan salah satu jasa pengiriman yang telah berdiri sejak 26 November 1990 oleh H. Soeprapto Suparno. Sekilas tentang perjalanan JNE dalam industri jasa pengiriman di Indonesia, yang pada mulanya hanya bergerak dalam penanganan kegiatan ekspor dan impor; meliputi kapabeanan, jasa impor kirim barang, dokumen eksport import dalam pengiriman lingkup internasional.
Perjalanan dalam tahun pertama JNE memutuskan untuk bergabung sebagai ACCA / Association Courier Conference of Asia yang berpusat di Negara Hongkong. Kemudian ACCA / Association Courier Conference of Asia memberikan kesempatan kepada JNE untuk memperluas jangkauan JNE hingga ke seluruh wilayah dunia. Dengan begitu jaringan JNE semakin meluas hingga mencangkup jangakuan tingkat internasional.
Itulah sekilas tentang perjalanan JNE dalam tahun-tahun pertamanya.
Tapi, dalam beberapa tahun kemudian JNE lebih mencondongkan atau lebih berfokus dengan pasar Domestik dalam mengembangkan bisnisnya. Hal itu justru membuat kemajuan yang sangat pesat untuk JNE dalam mengembangkan bisnis di Negara sendiri. Kemajuannya dapat di lihat dalam perjalanan JNE pada tahun 2002. Pada tahun tersebut JNE membeli gedung dan mendirikan JNE Operations Sorting Center. Dan, di tahun 2004 JNE membeli lagi gedung untuk digunakan sebagai Kantor Pusat yang berada di wilayah Jakarta.
Kemudian pada tahun-tahun berikutnya, popularitas JNE semakin meningkat. Popularitas yang di dapatkan adalah buah dari hasil peningkatan dan pengembangan semua layanannya, dan berinovasi dengan sangat baik guna memberikan pengalaman terbaik untuk para pelanggan yang menggunakan jasa ekspedisi JNE. Perkembangan layanan serta inovasi yang dilakukan oleh JNE antara lain: menyediakan jasa kurir, logistic, money remittance hingga jasa kargo.
Jaman terus berkembang dan teknologi terus meningkat dalam kurun waktu hanya beberapa tahun. Terjadinya perkembangan jaman dan teknologi mempengaruhi gaya hidup manusia secara masif. Dengan begitu kebutuhan gaya hidup juga semakin meningkat. Khususnya di "Era Digital" ini banyak diantara masyarakat Indonesia memutuskan untuk membuka usaha baik itu dengan skala kecil dan menengah. Dan tidak sedikit dari mereka yang menerapkan usaha dengan berdagang secara online, karena mereka menganggap era digital ini sangat mempermudah untuk menjalankan usaha yang mereka rintis. Â Dalam hal ini membuat JNE terus meningkatkan semua layanan dan tidak henti-hentinya dalam berinovasi untuk berkolaborasi dengan pelaku-pelaku usaha Mikro (UMKM) di Indonesia. JNE dan UMKM dalam praktiknya telah menunjang kebutuhan gaya hidup masyarakat pada era digital ini. Serta secara langsung memulihkan atau mendukung bergulirnya roda perekonomian di Indonesia. Hal itu telah terwujud dari beberapa peristiwa yang terjadi di Indonesia. Pada masa-masa sulit Covid-19 semua pelaku UMKM mengalami penurunan pesanan secara signifikan. Untuk mengatasi tantangan itu JNE berusaha meningkatkan dan memaksimalkan layanan dan fasilitas yang dibutuhkan oleh pelanggan, seperti digital payment, friendly logistic, dan sebagainya.
Fasilitas tersebut membutuhkan program-program pendukung untuk memaksimalkan inovasi. JNE mengadakan program cashback, diskon ongkos kirim, dll yang ditujukan supaya aktifitas dalam jual-beli online terus berjalan dan bagi pelaku UMKM yang masih berjualan secara offline diharapkan pada saat itu merubah strategi mereka dengan berjualan secara online sehingga para pelaku usaha di Indonesia tetap tumbuh dan ekonomi tetap bergerak.
JNE bukan hanya melakukan inovasi untuk kepentingan bisnis pribadinya. Melalui program CSR JNE memberikan dukungan penuh kepada UMKM agar mampu bertahan dalam masa pandemi Covid-19 dengan memberikan para pelaku UMKM pelatihan gratis webinar sampai dengan donasi berupa uang tunai yang dapat digunakan untuk mempertahankan bisnis mereka.
Saya adalah salah satu dari sekian banyak konsumen JNE yang secara konsisten menggunakan jasa ekspedisi JNE baik itu dalam kegiatan mengirim barang atau menerima barang pesanan. Banyak manfaat yang diperoleh dari menggunakan Jasa Ekspedisi JNE dari mulai pelayanan dari costumer service dan para kurirnya yang ramah dan menjunjung tinggi hospitality, fitur-fituryang dihadirkan oleh JNE juga sangat membantu saya sebagai konsumennya dalam mendapatkan kemudahan. Dan berbagai macam lagi pelayanan yang baik disuguhkan oleh JNE kepada saya. Dalam pengiriman barang, kurir JNE tidak pernah mengalami keterlambatan dan juga ramah dan sopan saat memberikan barang pesanan saya yang saya pesan dari berbagai macam marketplace di Indonesia. Era digital memang bukan saja telah membuat praktis dalam berkegiatan berbelanja dan berbisnis, tapi juga menjadi sarana untuk menentukan para pelaku UMKM mana yang lebih terpercaya dan tentu saja kita pun bisa menentukan jasa ekspedisi apa yang ingin kita gunakan, dan jasa ekspedisi JNE selalu menjadi pilihan utama untuk menopang bisnis UMKM dan para konsumen dalam kegiatan berbelanja.