Mohon tunggu...
Achmad Saifullah Syahid
Achmad Saifullah Syahid Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

orang-orang cahaya berhimpun di dalam tabung cahaya, tari-menari, di malam yang terang benderang sampai fajar menjelang di cakrawala.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Iklan Kerukunan Agama di Tengah Cara Berpikir Model Hoax

5 Maret 2017   13:45 Diperbarui: 5 Maret 2017   13:59 686
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Imam Zubair Hassam, seorang kepala sekolah di Sekolah Muslim di Leicester, menerima banjir simpati. Pasalnya, dalam iklan yang mempromosikan kerukunan antar agama jarang menggunakan sosok imam. Hassam tampil pada iklan Amazon Prime bersama pendeta Gary Bradley. Pada iklan tersebut, seorang pendeta membuka pintu rumahnya saat teman baiknya, seorang imam, datang bertamu. Dua pria tua tersebut bercakap-cakap, bercanda dan tertawa, serta minum teh bersama.

Keduanya terlihat meringis menahan ngilu saat mereka duduk dan berdiri. Setelah imam berpamitan pulang, mereka mengeluarkan telepon genggam mereka, menekan tombol aplikasi Amazon, dan membeli sesuatu. Mereka saling membelikan pelindung lutut dan menggunakannya saat bersembahyang di tempat peribadatan mereka masing-masing.

"Ini adalah hal yang saya lakukan di komunitas, saya tidak berakting, saya hanya menjadi diri saya sendiri. Dengan banyaknya berita buruk (intoleransi antar agama) yang ada, ini adalah iklan yang benar-benar positif yang menunjukkan orang-orang yang berbeda keyakinan bisa tetap berhubungan baik," kata Hassam.

Iklan Kemanusiaan

Tidak ada yang istimewa pada iklan tersebut kecuali ide brilian Amazon yang menampilkan sosok imam dan pendeta. Islam yang dikenal garang oleh dunia barat ditampilkan secara manusiawi melalui sosok Hassam. Dua pemeluk agama yang berbeda, berinteraksi sebagai manusia—bukan terutama menonjolkan dan mengatasnamakan keyakinan.

Hassam dan Bradley tidak berdebat—mereka tertawa dan bercanda, serta minum teh bersama. Keakraban yang melukiskan mereka tidak sedang bersitegang membela keyakinan masing-masing. Iklan Amazon Prime lebih dari sekadar mempromosikan kerukanan antar agama. Iklan itu menitipkan pesan kemanusiaan.

Bukan tanpa diskusi sangat panjang, Amazon berkonsultasi dengan Gereja Inggris, Dewan Muslim Inggris Raya, dan Forum Islam Kristen. "Kami tak ingin membuat kesalahan karena kami sadar bahwa tema besar iklan ini sebenarnya sangat sensitif," kata direktur iklan Amazon, Simon Morris.

Benar, sangat sensitif, dan sensitivitas kita tentang tema keagamaan mengalahkan sensivitas kemanusiaan itu sendiri. Kita terlalu baper dengan diskursus publik terkait tema-tema khilafiyah. Kita terjebak pada objektivitas tafsir—membenarkan tafsir versi kita dan menyalahkan tafsir versi bukan kita. Saling membenarkan dan menyalahkan versi tafsir itu, kerap tidak disadari, menggerus sensitivitas rasa kemanusiaan.

Pengetahuan kita tinggal satu: yang pasti benar adalah kita. Yang bukan kita, pasti salah, meskipun di lubuk hati kecil ada kans 1% yang bukan kita itu punya kemungkinan untuk benar. Yang pasti benar meskipun bukan kita adalah yang membayar kita, ungkap Cak Nun dalam Pandawayudha.

Tafsir dan Ngelmu Kelakone Nganti Laku

Tidak ada yang salah dengan tafsir, mengingat setiap orang, setiap institusi, setiap lembaga, setiap madzhab memiliki versi tafsir yang pasti bereda. Klaim kebenaran tafsir bisa dibenarkan sepanjang memenuhi kaidah dan ubo rampe kajian ilmiah keilmuan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun