Mohon tunggu...
Achmad Hamdan
Achmad Hamdan Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Universitas Negeri Malang

Musik/Bulutangkis/Teknologi/Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Penerapan E-Marketing dan E-Commerce untuk Kelompok Usaha Batik Toguran di Kabupaten Sampang

29 Agustus 2023   00:00 Diperbarui: 9 November 2024   11:39 135
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kegiatan Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan Aplikasi E-Commerce Batik Al-Hasany Kabupaten Sampang/Dokpri

Dusun Toguran merupakan salah satu dusun yang terletak di Desa Tlagah Kecamatan Banyuates Kabupaten Sampang. Pada dusun terdapat terdapat wirausaha batik tulis yang digagas oleh Bapak Hamidi. Usaha batik ini telah mulai berkembang dan menjadi satu-satunya penggerak utama ekonomi kerakyatan khususnya di dusun Toguran Desa Tlagah Sampang.

Pengrajin Usaha Batik Toguran Sampang/Dokpri
Pengrajin Usaha Batik Toguran Sampang/Dokpri

Kabupaten Sampang, 7–9 Juli 2023 - Kelompok usaha batik tulis di Dusun Toguran, Desa Tlagah, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, memperoleh pelatihan dan pendampingan khusus dalam penerapan e-marketing dan e-commerce. Kegiatan ini digagas oleh tim pengabdian yang dipimpin oleh Dr. Hary Suswanto, S.T., M.T., dengan anggota Achmad Hamdan, S.Pd., M.Pd., Wahyu Nur Hidayat, M.Pd., dan Mochammad Rizal R., M.Pd. Bertujuan untuk memperluas jangkauan pemasaran produk batik Toguran, kegiatan ini diharapkan mampu memberikan dampak ekonomi signifikan bagi masyarakat setempat.

Sambutan dari Bapak Dr. Hary Suswanto, S.T., M.T. Selaku Ketua Pelaksana Kegiatan
Sambutan dari Bapak Dr. Hary Suswanto, S.T., M.T. Selaku Ketua Pelaksana Kegiatan

Selama pelaksanaan, tim pengabdian melakukan berbagai kegiatan, termasuk sosialisasi materi e-marketing dan e-commerce, serta pembuatan aplikasi khusus untuk mitra usaha, yaitu aplikasi e-commerce Batik Al-Hasany. Penerapan teknologi pemasaran ini diharapkan membantu usaha batik dalam memperkenalkan produknya ke pasar yang lebih luas dan memfasilitasi transaksi perdagangan secara online.“Dengan adanya e-marketing dan e-commerce, kami berharap Batik Toguran dapat meraih konsumen baru di luar wilayah desa, bahkan secara nasional. Kami percaya ini akan meningkatkan jumlah penjualan serta memperkuat perekonomian masyarakat Toguran,” ungkap Dr. Hary Suswanto, ketua tim pengabdian.

Diskusi oleh peserta pengabdian
Diskusi oleh peserta pengabdian

Pemberian Cinderamata oleh Tim Pengabdian
Pemberian Cinderamata oleh Tim Pengabdian
Sebelumnya, pemasaran Batik Toguran hanya dilakukan secara manual, terbatas pada wilayah desa, dan mengandalkan promosi dari mulut ke mulut. Melalui kegiatan ini, diharapkan kelompok usaha batik Toguran dapat lebih siap menghadapi persaingan pasar di era digital, serta mendapatkan dukungan untuk kelanjutan usaha melalui platform yang modern dan efisien.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun