Hari kamis, kelas 3B belajar konsep baru tentang pecahan, yaitu pecahan senilai. Dalam pembelajaran matematika, kelas 3 masih harus menggunakan sesuatu yang konkrit agar dapat membangun pemahaman yang utuh tentang sebuah konsep. Oleh karena itu, pembelajaran hari ini menggunakan roti untuk menggambarkan pecahan yang akan dibuat.
Pada pertemuan sebelumnya, Peserta didik sudah memahami konsep pecahan dengan pembilang dan penyebut, juga sudah dapat menentukan pecahan berdasarkan benda dan gambar yang ada. Pembelajaran hari ini dimulai dengan mengingat kembali pecahan seperti pecahan 1/2 , 1/4 , 3/5 dan lain-lain. Setelah itu, masing-masing peserta didik diberikan 2 lembar roti tawar sebagai media pembelajaran.
Kegiatan pertama, peserta didik memotong roti tawar pertama menjadi dua bagian sama besar dan roti tawar kedua dipotong menjadi 4 bagian sama besar. Disini, peserta didik dikenalkan dengan pecahan senilai sampai kemudian dapat menyimpulkan bahwa 1/2 itu senilai dengan  2/4.
Kegiatan pembelajaran selanjutnya, roti tawar pertama yang semula telah dipotong menjadi dua bagian kini dipotong kembali sampai menjadi 8 bagian sama besar dan roti tawar kedua tetap 4 bagian sama besar. Disini, peserta didik ditantang untuk menemukan pecahan senilai dari potongan roti tawar pertama dan kedua. Akhirnya didapat kesimpulan  bahwa 1/4 itu senilai dengan  2/8. Di akhir kegiatan pembelajaran anak-anak berlatih mennetukan beberapa pecahan dengan pecahan yang senilai. Setelah selesai belajar, roti yang tadi dipotong pun dimakan bersama menggunakan selai.
Alhamdulillah pembelajaran hari ini seru, berkesan dan yang lebih penting adalah peserta didik paham dengan konsep baru tentang pecahan senilai. Â Konsep paham, perut kenyang dan hati pun bahagia.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H