Matematika seringkali menjadi mata pelajaran yang dianggap menantang oleh siswa. Namun, di SD Al Muslim, pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas 6 dirancang agar lebih menarik dan interaktif. Dengan pendekatan yang kreatif dan mengutamakan partisipasi aktif siswa, materi yang sering kali dianggap abstrak ini menjadi lebih mudah dipahami.
1. Pengenalan dengan Alat Peraga
Pembelajaran dimulai dengan pengenalan bilangan bulat melalui alat peraga seperti garis bilangan virtual (https://phet.colorado.edu/en/simulations/number-line-operations), dan keping biru merah. Guru menggunakan garis bilangan untuk menunjukkan secara visual bagaimana penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat bekerja. Misalnya, dengan memindahkan titik pada garis bilangan ke kanan untuk penjumlahan dan ke kiri untuk pengurangan, siswa dapat melihat langsung hasil operasinya.
2. Pembelajaran Melalui Permainan
Setelah pengenalan konsep dasar, siswa diajak bermain permainan matematika yang dirancang khusus untuk menguatkan pemahaman mereka tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Salah satu permainan yang populer adalah "Cowboy Game". Dalam permainan ini, siswa harus menemukan hasil penjumlahan atau pengurangan dari angka yang diberikan untuk memenangkan dengan cara menembak lawan. Permainan ini tidak hanya mengasah kemampuan berhitung tetapi juga melibatkan kecepatan dan ketepatan.
3. Pembelajaran Kooperatif
Di SD Al Muslim, pembelajaran tidak hanya berpusat pada guru, tetapi juga melibatkan kerjasama antar siswa. Dalam kelompok kecil, siswa diajak berdiskusi dan menyelesaikan masalah matematika bersama-sama. Misalnya, setiap kelompok diberi serangkaian soal penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, dan mereka harus bekerja sama untuk menemukan jawabannya. Metode ini membantu siswa belajar dari satu sama lain dan memperkuat pemahaman mereka melalui diskusi.
4. Pemanfaatan Teknologi
Tidak ketinggalan, teknologi juga dimanfaatkan dalam pembelajaran yaitu Geogebra (https://www.geogebra.org/m/XKQdtKMF) dan (https://www.geogebra.org/m/ekwn9jht). Melalui aplikasi matematika interaktif yang diakses melalui tablet, siswa dapat berlatih penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan cara yang menyenangkan. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur umpan balik langsung yang membantu siswa mengetahui kesalahan mereka dan memperbaikinya seketika.
5. Refleksi dan Evaluasi
Setiap akhir pembelajaran, guru mengajak siswa untuk melakukan refleksi. Mereka diminta untuk menuliskan atau mendiskusikan apa yang telah mereka pelajari, tantangan yang mereka hadapi, dan bagaimana cara mengatasinya. Evaluasi dilakukan melalui kuis atau tugas rumah yang dirancang tidak hanya untuk mengukur kemampuan siswa, tetapi juga untuk memberikan umpan balik yang berguna bagi guru dalam merancang pembelajaran selanjutnya.