Mohon tunggu...
Achmad Diponegoro
Achmad Diponegoro Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Aktif UIN Syarif Hidayatuallah Jakarta

Saya seorang mahasiswa aktif di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatuallah Jakarta, Saya memiliki hobi menonton dan mengkritisi Fillm yang telah di tonton. saya sedang mencoba untuk mulai menulis walaupun belum tau apa yang akan ditulis selain tugas kuliah.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Filsafat Dakwah dalam Pendidikan Islam, Membentuk Generasi Berakhlak Mulia

5 Desember 2024   07:23 Diperbarui: 5 Desember 2024   07:25 19
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Filsafat Dakwah sebagai Landasan Pendidikan Islam

Filsafat dakwah, yang merupakan pemikiran kritis tentang tujuan dan metode dakwah, memberikan panduan bagi pendidikan Islam dalam mencapai tujuan yang tidak hanya mencakup pencapaian intelektual, tetapi juga spiritual dan moral.

Integrasi Filsafat Dakwah dalam Kurikulum
pentingnya mengintegrasikan filsafat dakwah dalam kurikulum pendidikan Islam melalui beberapa cara:

a. Revisi Tujuan Pendidikan:  Fokus pada pembentukan karakter dan akhlak mulia sesuai dengan ajaran Islam.
b.  Pengembangan Materi Ajar:  Mencantumkan ajaran-ajaran Islam yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
c. Penerapan Metode Pengajaran:  Menggunakan metode pengajaran yang interaktif dan partisipatif, sesuai dengan prinsip-prinsip dakwah.
d. Evaluasi Berbasis Prinsip Dakwah:  Menilai perkembangan akhlak dan perilaku peserta didik, bukan hanya pencapaian akademis.

Peran Dakwah dalam Pembentukan Kurikulum dan Metodologi Pengajaran

Dakwah memiliki peran dalam pembentukan kurikulum dan metedologi pengajaran, dengan menekankan pada tiga prinsip dasar dakwah:

1.  Hikmah (Kebijaksanaan):  Memilih metode pengajaran yang sesuai dan materi yang bermanfaat, serta menyajikan pelajaran dengan cara yang mudah dipahami dan menarik.
2.  Mau'idzah Hasanah (Nasihat yang Baik):  Materi ajar harus mengandung pesan moral dan nasihat yang dapat dijadikan pedoman oleh peserta didik.
3. Mujadalah bil-Lati Hiya Ahsan (Dialog yang Baik):  Mendorong terciptanya lingkungan belajar yang inklusif dan dialogis, di mana peserta didik diajak untuk berdiskusi, bertanya, dan mengungkapkan pendapat dengan cara yang baik.

 Dampak Positif Integrasi Filsafat Dakwah

Integrasi filsafat dakwah dalam pendidikan Islam memiliki dampak positif yang signifikan, yaitu:

- Penguatan Akhlak dan Karakter:  Membentuk generasi yang memiliki integritas dan tanggung jawab.
- Pembentukan Pemahaman tentang Ajaran Islam:  Membantu peserta didik memahami hikmah dan tujuan di balik ajaran Islam.
- Peningkatan Kualitas Pengajaran:  Menciptakan suasana belajar yang kondusif dan interaktif. 

Kesimpulan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun