Strategi Membangun Kebiasaan Membaca dari Tiktok: Generasi Z
      Tiktok adalah salah satu platform media sosial terfavorit untuk Generasi Z di Indonesia. Sebagian besar remaja menghabiskan waktu lebih dari tiga jam per hari di media sosial. Menurut survei yang dilakukan pada 2024, sekitar 46,8% dari pengguna Tiktok merupakan Gen Z. Dari hal tersebut dapat kita ketahui bahwa mayoritas Gen Z tertarik dengan aplikasi Tiktok yang memberikan konten relevan sesuai prefensi mereka.
Karena adanya keadaan tersebut Tingkat literasi di Indonesia semakin menurun. menurut data, hanya sekitar 1 dari 1.000 orang di Indonesia yang memiliki minat baca yang tinggi berdasarkan indeks UNESCO 2023. Selain itu, penggunaan Tiktok secara berlebihan dapat mempengaruhi kesehatan mental. Penelitian di Indonesia menemukan bahwa sekitar 70% remaja yang sering menggunakan Tiktok mengalami stres atau kecemasan, dengan fenomena FOMO (fear of missing out) sebagai salah satu penyebab utama.
Strategi Membangun Kebiasaan Membaca dari Tiktok
      Tiktok terkenal karena algoritmanya yang dapat menyesuaikan dengan minat pengguna. hal ini dapat dimanfaatkan untuk menyajikan konten literasi yang relevan. Berikut strategi yang dapat diterapkan :
- Mengintegrasikan Buku ke dalam Konten Video
Dengan membuat video pendek yang menarik tentang sinopsis buku, karakter ikonik, atau kutipan inspiratif. strategi ini banyak digunakan influencer dalam menceritakan sebuah film, tentunya juga dapat berhasil jika diaplikasikan dalam menceritakan sebuah buku.
- Menggunakan Tagar Populer
Gunakan tagar seperti #BookTok, #ReadingChallenge, atau #LiterasiDigital untuk menjangkau komunitas pembaca yang lebih luas. hal ini telah dibuktikan dengan #BookTok mendapat lebih dari 200 juta tampilan pada video. selain itu, penjualan buku klasik seperti The Song of Achilles meningkat drastis karena promosi di TikTok.
- Kolaborasi dengan Influencer
Kerjasama dengan kreator TikTok yang memiliki pengaruh besar dalam bidang keimuan. hal ini dapat dibuktikan seperti Timothy Ronald yang berhasil dalam dunia investasi, ia kerap memberikan rekomendasi buku yang menjadi penunjang keberhasilanya.T
- Konten Interaktif
Buat video Q&A seputar rekomendasi buku. hal ini dapat menarik audiens untuk berbagi ulasan singkat di komentar atau stitching video anda. Dengan memberikan ruang bagi audiens, dapat memberikan ruang interaksi yang menumbuhkan kepercayaan para audiens untuk meningkatkan literasi.
strategi ini dapat diterapkan untuk menjadikan TikTok sebagai media membaca bagi kalangan Gen Z. Dengan strategi yang tepat, Platform ini tidak hanya bisa meningkatkan minat baca tetapi juga menciptakan komunitas pembaca global yang terhubung.
Mulailah menggunakan Tiktok untuk berbagi buku favorit anda hari ini dan jadilah bagian dari perubahan!!!