Mohon tunggu...
Achmad Alaydrus
Achmad Alaydrus Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Tugas penulisan naskah berita

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengalaman Magang di Dinas Pendidikan DKI Jakarta

27 Desember 2021   14:30 Diperbarui: 27 Desember 2021   14:33 1683
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS


Jakarta (01/11/21) - Dinas Pendidikan Jakarta ber alamat di jalan Gatot Subroto No.Kav 40-41, RT.8/RW.3, Kuningan, Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Kemajuan teknologi informasi semakin berkembang dengan pesat, pemanfaatan teknologi informasi di bidang pendidikan mulai dari Tk hingga perguruan tinggi pun kena imbasnya. Lalu pengalaman magang di dinas pendidikan di jaman teknologi informasi ini seperti apa?

Abel (21) adalah mahasiswi ilmu komunikasi Gunadarma yang saat ini sedang magang di dinas pendidikan. Abel di pekerjakan di bagian pusdatikomdik (Pusat Data dan TIK Pendidikan). Jadwal di Disdik (Dinas Pendidikan) itu sendiri adalah jam 8 pagi sampai jam 3 sore. Namun untuk karyawan yang bekerja disana itu secara bergantian jadwal jam kerja, tetapi untuk mahasiswa yang magang disana tidak ada pergantian atau tidak ada yang WFH (Work From Home).

“Kenapa saya magang di dinas Pendidikan? Karena pertama saya merasa magang di dinas pendidikan itu saya bakal punya banyak pengalaman, apalagi sekarang saya magang di bagian tentang pusat data gitu tapi mengenai komunikasi, jadi masih ada podcast, masih ada yang ngerjain kayak design kayak gitu. Jadi itu menurut saya itu sangat relatable banget sama komunikasi” ucap Abel

Abel mengaku bahwa alasannya ia magang di dinas pendidikan adalah ingin mencari banyak pengalaman apalagi yang berhubungan dengan jurusannya menambah Abel bersemangat magang di dinas pendidikan.

"Ngomongin tentang job desk sebenarnya tadi udah saya singgung sedikit mengenai job desk. Job Desk saya disini tuh pertama siaran seperti contoh menyapa teman-teman, menyapa anak-anak SMA, lalu saya juga ada job desk seperti liputan gitu lalu ada juga bikin semacam design-design gitu. Jadi pekerjaan di Dinas Pendidikan bagian Pusdatikomdik itu lumayan banyak untuk anak komunikasi dan sangat relatable itu juga yang membuat saya betah juga sih magang di pusdatikomdik ini karena emang tugas nya banyak dan sesuai banget sama jurusan kita”

Menurut Abel sendiri job desk di Dinas Pendidikan itu juga banyak apalagi yang di bagian Pusdatikomdik. Ada berbagai macam pekerjaan yang diberikan kepada mahasiswa magang yaitu siaran, liputan, sampai membuat design-design. Dan yang menjadi nilai tambah nya ya sangat relatable atau sangat berhubungan sekali untuk mahasiswa ilmu komunikasi seperti kita ini.

“Dilihat dari sisi pendidikan itu sangat amat relatable dan banyak banget hal-hal baru yang saya belajar misalnya, cara menggunakan OBS Studio atau saya juga belajar Adobe Audition itu semua adalah sesuatu yang baru buat saya dan belajar bagaimana menggunakan Photoshop lebih dalam lagi. Itu semua sesuatu yang baru buat saya yang mungkin di kampus diajarkan basic-basic nya saja tapi ketika disini bisa langsung terjun dan produk kalian tuh bisa buat menjual atau selling dan menjadi konten yang bagus nantinya untuk Disdik (Dinas Pendidikan). saya itu suka sekali bagian sosial yang ada di Disdik. Jadi kayak sosial yang ada disini tuh bener bener membuat saya,nge-build saya menjadi seseorang yang lebih bijaksana lagi, dan membuat saya bisa diandalkan untuk orang lain. Dan juga disini tuh untuk kakak-kakak pembinanya itu sangat asik sekali” Ucap Abel.

Abel juga menambahkan kesan dan pesannya magang di dinas pendidikan bagian pusdatikomdik ini sangat berguna sekali karena berkehubungannya itu dengan mahasiswa komunikasi. Abel juga bercerita bahwa magang di Dinas Pendidikan itu bisa menemukan banyak hal baru yang seperti cara menggunakan OBS, apa itu Adobe Audition, dan juga mempelajari photoshop lebih dalam lagi. Menurut Abel sendiri ketika magang di Dinas Pendidikan itu sendiri bisa langsung terjun langsung dan produk-produknya bisa untuk kita jual dan menjadi konten yang bagus untuk Disdik. Abel juga sendiri menambahkan bahwa kesosialan yang ada di Disdik itu bagus sekali, dimana para pekerja yang ada disana itu membuat kita untuk menjadi orang yang lebih bijaksana sekali.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun