UMKM memang saat ini menjadi salah satu pelaku bisnis yang banyak menjadi sorotan dari berbagai macam institusi. Tidak saja dari kalangan Pemerintah Pusat dan Daerah, juga sorotan dari pelaku bisnis swasta yang memang melihat saat ini atau kedepan UMKM akan bisa menjadi salah satu pelaku bisnis potensial yang ada di  Indonesia.Â
Konsep pengembangan untuk pelaku bisnis UMKM memang memiliki format  yang beragam. Dimana konsep pengembangan tersebut akan di sesuaikan dengan institusi yang memberikan dukungan tersebut. Sehingga bisa di katakan bahwa inilah saatnya pelaku bisnis UMKM menunjukkan  kompetensinya dalam mendukung dan meningkatkan performance bisnis dan ekonomi makro Indonesia.
Mungkin kita bertanya, kenapa UMKM begitu menariknya untuk banyak kalangan, hal itu  bisa jadi di dasarkan pada beberapa kondisi seperti misalnya : (1) UMKM adalah salah satu pelaku bisnis yang jumlahnya cukup banyak di Indonesia dan tersebar di seluruh penjuru Indonesia  (2) Pelaku bisnis UMKM sudah terbukti kekuatannya, yaitu pada saat terjadi pandemi covid, para pelaku bisnis UMKM mampu bertahan dengan lebih baik (3) UMKM adalah bagian dari bisnis sehingga produknya memiliki varian yang sangat banyak dan tidak akan mungkin melakukan monopoli.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H