Mohon tunggu...
achmad soheh
achmad soheh Mohon Tunggu... Konsultan - Professional
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Ekosistem Logistik Dalam Negeri adalah sebuah program yang bertujuan untuk memaksimalkan dan mengoptimalkan potensi pasar dalam negeri yang ada di Indonesia, sehingga program ini mensinergikan 5 komponen bisnis yang ada dalam ekosistem tersebut : Kementerian ( pusat dan daerah), Perhimpunan / Asosiasi UMKM, Corporate/ Perusahaan, Perusahaan Logistik Dalam Negeri serta Pelaku bisnisnya sendiri.

Selanjutnya

Tutup

Financial

5 Tren Belanja Online yang Akan Semakin Bersinar di Tahun 2023

24 November 2022   13:52 Diperbarui: 24 November 2022   13:59 710
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

 Bicara soal tren belanja yang akan terjadi di tahun 2023 mendatang, maka ada 5 hal yang perlu menjadi perhatian para pelaku bisnis agar bisa menyiasati strategi bisnis yang akan di jalankan di tahun 2023. Di mana informasi tersebut penting untuk merancang strategi marketing yang akan di jalankan di tahun 2023, terutama jika strategi yang di jalankan menggunakan sistem belanja online. 

 

 

Aktivitas bisnis yang di jalankan dengan menggunakan media online atau melibatkan teknologi yang ada di dalamnya. Memang kita lihat kedepan akan semakin menjadi satu hal yang tidak akan bisa dipisahkan. Tidak saja untuk perusahaan dalam skala micro, kecil dan menengah. Tetapi keterikatan akan penggunaan teknologi juga menjadi satu hal yang perlu menjadi pertimbangan tersendiri ketika perusahaan besar  mengembangkan strategi marketingnya.

Konsep pengembangan teknologi yang di dasarkan pada tren teknologi yang sedang berkembang saat ini.  Dimana dari Era Industri 4.0 menjadi Era Society 5.0, pada akhirnya memang keberadanan teknologi semakin sulit di pisahkan  dari kehidupan berbisnis yang ada di Indonesia. Itulah sebabnya, saat ini mau tidak mau dan sudah menjadi keharusan bagi semua pelaku bisnis agar mau dan harus  mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam semua hal yang berhubungan dengan aktivitas bisnis.

5 Tren Bisnis Belanja Online dan Perspektif Bisnis Belanja Online di tahun 2023

 

sumber : OY Jakarta 
sumber : OY Jakarta 

Nah ketika kita bicara soal belanja atau sistem belanja online, maka kita bisa memprediksi berdasarkan kondisi yang ada saat ini untuk bisa kita prediksikan bahwa model belanja online inilah yang akan menjadi dominan atau merajai   model belanja online yang ada di tahun 2023. Sehingga dari informasi ini akan memberikan satu perspektif baru bagi para pelaku bisnis agar bisa menjadikan strategi belanja online sebagai salah satu strategi bisnis di tahun 2023. Kita bisa melihat ada 5 jenis bisnis online yang saat ini sudah cukup bagus performancenya tetapi di prediksi di tahun 2023 akan semakin bagus dengan melihat kinerja bisnisnya yang ada hingga memasuki tahun 2022 :

           1. Model bisnis Belanja Online melalui Media Sosial

  • Semakin banyaknya inovasi yang di lakukan oleh beberapa media sosial seperti Instagram (IG), Facebook ( FB) hingga Tiktok.  Pada akhirnya memang membuat pengguna semakin merasakan kemudahannya dalam berinteraksi dengan konsumen menggunakan media sosial tersebut. Seperti misalnya melakukan dengan adanya  Fitur Shop, maka pengguna media sosial bisa berinteraksi dagang dengan konsumen menggunakan fitur shop, ini jadi satu experience yang baru di tahun 202

  • 2. Model bisnis Belanja untuk produk Ramah Lingkungan
  • Beragam produk ramah lingkungan ditahun 2023 menjadi salah satu brand atau produk yang akan banyak di cari oleh konsumen. Hal itu  bisa di dasarkan pada beberapa ketentuan seperti : (a) Kebijakan untuk pengurangan atau mengurangi penggunaan plasti (b) Kebijakan  untuk lebih menggunakan produk yang Ecogreen atau Produk  Ramah Lingkungan,  jadi satu hal yang mendukung produk-produk Eco friendly untuk di kenal.

  • 3. Model bisnis  dengan Menggunakan Live Shopping  untuk menarik Konsumen
  • Konsep atau cara berdagang seperti ini juga cukup efektif, karena konsepnya adalah seperti seorang Sales sedang menjelaskan produk yang di jualnya. Dengan tetap mengedepankan untuk interaksi, maka konsumen juga akan  tetap  bisa berkomunikasi melalui chat dengan  penjual yang berjualan dengan sistem  online.

  • 4.  Model bisnis yang menggunakan Chat Boot untuk mengantisipasi over permintaan
  • Kenapa dengan menggunakan chat boot, karena dengan teknologi  ini konsumen akan bertanya kapan dan dimanapun tidak harus melihat waktu dan kondisinya yang sedang dimana itu kelebihannya.

  • 5. Model bisnis yang karena terjadinya Resesi Global maka pelaku bisnis perlu melakukan Inovasi produk atau Layanan bisnis.
  • Kondisi seperti memang harus terus di antisipasi, sehingga strategi inovasi produk menjadi salah satu Langkah untuk mengamankan produk yang sudah di kenal oleh public. Dengan cara seperti itu maka service atau layanan perusahaan semakin lengkap.

Itulah beberapa strategi yang perlu menjadi perhatian bagi para pelaku bisnis. Dengan melihat tren  yang akan terjadi di tahun 2023 maka sudah bisa di simpulkan bahwa untuk mengakomodir semua hal yang terkait dengan strategi promosi dan penjualan maka sudah seharusnya kita sebagai pelaku bisnis harus bisa mengantisipasi apa yang akan  terjadi. Sehingga pada akhirnya strategi yang di jalankan benar-benar sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada di tahun 2023.

35 Jenis Produk Yang Paling Laris di tahun 2022 Berdasarkan Jualan Online

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun