Mohon tunggu...
achmad soheh
achmad soheh Mohon Tunggu... Konsultan - Professional
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Ekosistem Logistik Dalam Negeri adalah sebuah program yang bertujuan untuk memaksimalkan dan mengoptimalkan potensi pasar dalam negeri yang ada di Indonesia, sehingga program ini mensinergikan 5 komponen bisnis yang ada dalam ekosistem tersebut : Kementerian ( pusat dan daerah), Perhimpunan / Asosiasi UMKM, Corporate/ Perusahaan, Perusahaan Logistik Dalam Negeri serta Pelaku bisnisnya sendiri.

Selanjutnya

Tutup

Financial

5 Tren Belanja Online yang Akan Semakin Bersinar di Tahun 2023

24 November 2022   13:52 Diperbarui: 24 November 2022   13:59 710
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

 Bicara soal tren belanja yang akan terjadi di tahun 2023 mendatang, maka ada 5 hal yang perlu menjadi perhatian para pelaku bisnis agar bisa menyiasati strategi bisnis yang akan di jalankan di tahun 2023. Di mana informasi tersebut penting untuk merancang strategi marketing yang akan di jalankan di tahun 2023, terutama jika strategi yang di jalankan menggunakan sistem belanja online. 

 

 

Aktivitas bisnis yang di jalankan dengan menggunakan media online atau melibatkan teknologi yang ada di dalamnya. Memang kita lihat kedepan akan semakin menjadi satu hal yang tidak akan bisa dipisahkan. Tidak saja untuk perusahaan dalam skala micro, kecil dan menengah. Tetapi keterikatan akan penggunaan teknologi juga menjadi satu hal yang perlu menjadi pertimbangan tersendiri ketika perusahaan besar  mengembangkan strategi marketingnya.

Konsep pengembangan teknologi yang di dasarkan pada tren teknologi yang sedang berkembang saat ini.  Dimana dari Era Industri 4.0 menjadi Era Society 5.0, pada akhirnya memang keberadanan teknologi semakin sulit di pisahkan  dari kehidupan berbisnis yang ada di Indonesia. Itulah sebabnya, saat ini mau tidak mau dan sudah menjadi keharusan bagi semua pelaku bisnis agar mau dan harus  mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam semua hal yang berhubungan dengan aktivitas bisnis.

5 Tren Bisnis Belanja Online dan Perspektif Bisnis Belanja Online di tahun 2023

 

sumber : OY Jakarta 
sumber : OY Jakarta 

Nah ketika kita bicara soal belanja atau sistem belanja online, maka kita bisa memprediksi berdasarkan kondisi yang ada saat ini untuk bisa kita prediksikan bahwa model belanja online inilah yang akan menjadi dominan atau merajai   model belanja online yang ada di tahun 2023. Sehingga dari informasi ini akan memberikan satu perspektif baru bagi para pelaku bisnis agar bisa menjadikan strategi belanja online sebagai salah satu strategi bisnis di tahun 2023. Kita bisa melihat ada 5 jenis bisnis online yang saat ini sudah cukup bagus performancenya tetapi di prediksi di tahun 2023 akan semakin bagus dengan melihat kinerja bisnisnya yang ada hingga memasuki tahun 2022 :

           1. Model bisnis Belanja Online melalui Media Sosial

  • Semakin banyaknya inovasi yang di lakukan oleh beberapa media sosial seperti Instagram (IG), Facebook ( FB) hingga Tiktok.  Pada akhirnya memang membuat pengguna semakin merasakan kemudahannya dalam berinteraksi dengan konsumen menggunakan media sosial tersebut. Seperti misalnya melakukan dengan adanya  Fitur Shop, maka pengguna media sosial bisa berinteraksi dagang dengan konsumen menggunakan fitur shop, ini jadi satu experience yang baru di tahun 202

  • 2. Model bisnis Belanja untuk produk Ramah Lingkungan
  • Beragam produk ramah lingkungan ditahun 2023 menjadi salah satu brand atau produk yang akan banyak di cari oleh konsumen. Hal itu  bisa di dasarkan pada beberapa ketentuan seperti : (a) Kebijakan untuk pengurangan atau mengurangi penggunaan plasti (b) Kebijakan  untuk lebih menggunakan produk yang Ecogreen atau Produk  Ramah Lingkungan,  jadi satu hal yang mendukung produk-produk Eco friendly untuk di kenal.

  • 3. Model bisnis  dengan Menggunakan Live Shopping  untuk menarik Konsumen
  • Konsep atau cara berdagang seperti ini juga cukup efektif, karena konsepnya adalah seperti seorang Sales sedang menjelaskan produk yang di jualnya. Dengan tetap mengedepankan untuk interaksi, maka konsumen juga akan  tetap  bisa berkomunikasi melalui chat dengan  penjual yang berjualan dengan sistem  online.

  • 4.  Model bisnis yang menggunakan Chat Boot untuk mengantisipasi over permintaan
  • Kenapa dengan menggunakan chat boot, karena dengan teknologi  ini konsumen akan bertanya kapan dan dimanapun tidak harus melihat waktu dan kondisinya yang sedang dimana itu kelebihannya.

  • 5. Model bisnis yang karena terjadinya Resesi Global maka pelaku bisnis perlu melakukan Inovasi produk atau Layanan bisnis.
  • Kondisi seperti memang harus terus di antisipasi, sehingga strategi inovasi produk menjadi salah satu Langkah untuk mengamankan produk yang sudah di kenal oleh public. Dengan cara seperti itu maka service atau layanan perusahaan semakin lengkap.

Itulah beberapa strategi yang perlu menjadi perhatian bagi para pelaku bisnis. Dengan melihat tren  yang akan terjadi di tahun 2023 maka sudah bisa di simpulkan bahwa untuk mengakomodir semua hal yang terkait dengan strategi promosi dan penjualan maka sudah seharusnya kita sebagai pelaku bisnis harus bisa mengantisipasi apa yang akan  terjadi. Sehingga pada akhirnya strategi yang di jalankan benar-benar sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada di tahun 2023.

35 Jenis Produk Yang Paling Laris di tahun 2022 Berdasarkan Jualan Online

 

dok: BPS
dok: BPS

Berdasarkan beberapa data dan informasi yang tersedia, pada akhirnya kita bisa mengatakan bahwa di tahun 2022 ada sekitar 33 jenis produk yang paling laris atau  paling di cari oleh konsumen. Di mana ke-33 jenis produk tersebut kemungkinan di tahun 2023 masih juga mendominasi tren penjualan produk online yang ada di tahun 2023.

Sehingga dari ke-33 jenis produk inilah yang sebaiknya perlu menjadi perhatian bagi kita yang saat ini sebagai pelaku bisnis dan sedang merencanakan sebuah strategi bisnis terkait penjualan produk yang anda pasarkan.  Karena sebuah strategi bisnis  memang harus di dasarkan pada beberapa komponen yang ada. Itulah kenapa, dengan kita mengetahui ke-33 jenis produk yang banyak di cari pada penjualan online dapat menjadi acuan bagi pelaku bisnis untuk merencanakan strategi bisnisnya di tahun 2023.

  • Jenis produk dengan katagori Fashion Wanita dan Pria
  • Jenis produk dengan katagori Pakaian Anak
  • Jenis produk dengan katagori Assesories fashion
  • Jenis produk dengan katagori Tas wanita dan dompet
  • Jenis produk dengan katagori Sepatu
  • Jenis produk dengan katagori Kacamata dan softlens
  • Jenis produk dengan katagori Perlengkapan Bayi
  • Jenis produk dengan katagori Produk kecantikan
  • Jenis produk dengan katagori Parfum
  • Jenis produk dengan katagori Busana muslim
  • Jenis produk dengan katagori Perlengkapan ibadah
  • Jenis produk dengan katagori Makan dan kuliner
  • Jenis produk dengan katagori Alat masak dan dapur
  • Jenis produk dengan katagori Gadget
  • Jenis produk dengan katagori Perlengkapan handphone
  • Jenis produk dengan katagori Alat vlogging photografi
  • Jenis produk dengan katagori IOT dan Smart home
  • Jenis produk dengan katagori Peralatan olahraga
  • Jenis produk dengan katagori Alat elekronik rumah
  • Jenis produk dengan katagori Peralatan  Rumah Tangga
  • Jenis produk dengan katagori Peralatan portable
  • Jenis produk dengan katagori Wewangian rumah
  • Jenis produk dengan katagori Peralatan Kesehatan
  • Jenis produk dengan katagori Alat Tulis kantor
  • Jenis produk dengan katagori Merchandise Kpop
  • Jenis produk dengan katagori Mainan dan action figure
  • Jenis produk dengan katagori Voucher games dan langganan
  • Jenis produk dengan katagori Perlengkapan petshop
  • Jenis produk dengan katagori Peralatan Aquascape
  • Jenis produk dengan katagori Tanaman hias
  • Jenis produk dengan katagori Perlengkapan camping
  • Jenis produk dengan katagori Perlengkapan kado
  • Jenis produk dengan katagori Hampers and seserahan
  • Jenis produk dengan katagori Kebutuhan sehari- hari
  • Jenis produk dengan katagori Peralatan packing

 

 

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun