Mohon tunggu...
achmad soheh
achmad soheh Mohon Tunggu... Konsultan - Professional
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Ekosistem Logistik Dalam Negeri adalah sebuah program yang bertujuan untuk memaksimalkan dan mengoptimalkan potensi pasar dalam negeri yang ada di Indonesia, sehingga program ini mensinergikan 5 komponen bisnis yang ada dalam ekosistem tersebut : Kementerian ( pusat dan daerah), Perhimpunan / Asosiasi UMKM, Corporate/ Perusahaan, Perusahaan Logistik Dalam Negeri serta Pelaku bisnisnya sendiri.

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Strategi 8 + 5 dan Potensi Industri Logistik Indonesia Tahun 2023

1 November 2022   15:16 Diperbarui: 1 November 2022   15:28 808
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber : Kabarnesia 

Bisnis industri logistik secara nasional memang cukup menarik, hingga tahun 2023 saja prediksi yang bisa di capai mampu berada di angka 156,1 miliar dollar AS. Ini menunjukkan bahwa memang Indonesia tahun depan masih bergantung salah satu supporting pertumbuhan ekonominya dari sector industri logistik. 

 Meskipun cukup atau bisa di katakana besar untuk kondisi yang bisa di capai di tahun 2023. Dimana prediksi  yang banyak di utarakan  banyak pihak adalah di tahun 2023 akan  terjadi resesi. Jelas  potensi bisnis yang bernilai 156,1 miliar dollar AS menjadi salah satu potensi bisnis yang akan sangat mendukung kestabilan ekonomi di Indonesia untuk tahun 2023.

Ada dua hal yang menjadi pemikiran ketika kita melihat prediksi dan kondisi yang ada saat ini terutama ketika kita bicara masalah industri logistik di Indonesia: (1) Industri logistik adalah sebuah ekosistem bisnis yang di dalamnya terkandung beberapa komponen bisnis. Jika dua komponen bisnis yang ada di dalamnya yaitu sector bisnis Transportasi dan Pergudangan.

(2) Kita sudah tahu bahwa bisnis di bidang transportasi dan pergudangan,  bukan sebuah bisnis yang bisa di katakan tahan masalah. Ada begitu banyak masalah yang menjadi kendala dalam pengembangan kedua sector bisnis tersebut. Sehingga yang jadi pertanyaan adalah apakah merapihkan masalah yang terjadi dalam sector bisnis transportasi dan pergudangan terlebih dahulu atau sebaliknya. 

Karena apapun yang di pilih  tetap menjadi satu masalah atau kendala yang saat ini masih menjadi kendala dalam pengembangan bisnis di sector industry logistic di Indonesia terlebih  ketika tahun 2023 banyak mengatakan menjadi tahun yang penuh resiko karena adanya resesi global. 

Sehingga memang perlu adanya satu integrasi system yang mengandung kedua hal diatas sebagai salah satu trigger dalam memperkuat posisi industry logistic yang ada di Indonesia tahun 2023.

8 Kendala Dalam Pengembangan Industri/ Sector Transportasi di Indonesia.

Berdasarkan data yang telah di himpun oleh Badan Pusat Statistik hingga memasuki triwulan ke-2 tahun 2022. Setidaknya kita bisa melihat bahwa sector bisnis transportasi telah tumbuh sebesar 15,79 persen. 

Tentunya pertumbuhan ini karena di dukung dengan semakin berkembangnya industry logistic di Indonesia. Itulah kenapa, pertumbuhan yang tinggi diantara semua sector bisnis yang ada di Indonesia membuat tahun 2023 menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi sector transportasi.

Terlebih hingga saat ini kita masih melihat adanya permasalahan yang terjadi dalam industri transportasi. Ada sekitar 9 masalah yang perlu menjadi pertimbangan para stage holder dalam industry transportasi di Indonesia: 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun