Mohon tunggu...
achmad soheh
achmad soheh Mohon Tunggu... Konsultan - Professional
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Ekosistem Logistik Dalam Negeri adalah sebuah program yang bertujuan untuk memaksimalkan dan mengoptimalkan potensi pasar dalam negeri yang ada di Indonesia, sehingga program ini mensinergikan 5 komponen bisnis yang ada dalam ekosistem tersebut : Kementerian ( pusat dan daerah), Perhimpunan / Asosiasi UMKM, Corporate/ Perusahaan, Perusahaan Logistik Dalam Negeri serta Pelaku bisnisnya sendiri.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Potensi Produk Ekspor Indonesia dalam Perspektif Ekspor ke Kawasan Timur Tengah

29 September 2022   16:53 Diperbarui: 29 September 2022   17:05 404
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Bukan tanpa alasan jika di katakan ekspor Indonesia ke negara UEA (United Emirad Arab) terus di kembangkan oleh pemerintah. Karena berdasarkan data saja, hingga sepuluh tahun terakhir nilai perdagangan ekspor Indonesia meningkat cukup significant sekitar 53,90 persen.  Dimana jika di deskripsikan dalam angka bisa berada di angka USD844,4 juta.


Kondisi tersebut memang bukan tanpa dasar, karena dengan melihat tren yang terjadi dalam 2 tahun terakhir saja nilainya cukup menarik. Untuk tahun 2021 saja total perdagangan ekspor Indonesia berada diangka USD4,0 miliar atau terjadi peningkatan sebesar 38 persen. Naik lebih tinggi dibandingkan dengan nilai yang terjadi pada tahun 2020 yang masih diangka USD2,9 miliar.

Yang menarik adalah berdasarkan data dan informasi yang telah di peroleh dari beberapa sumber kita bisa melihat bahwa tren kenaikan nilai ekspor Indonesia berada di angka 1,44 persen periode 2017-2021. Sementara justru tren kenaikan nilai perdagangannya sendiri secara total hanya mencapai 0,44 persen. Dimana Ketika kita bicara soal produk keunggulan yang di ekspor ke negara United Emirad Arab adalah barang-barang yang masuk barang perhiasan dan lainnya, minyak kelapa sawit dan turunannya. Kemudian ada juga produk kendaraan bermotor , produk apparatus ( peralatan) elektronik untuk telepon seluler dan apparatus penerimaan lainnya  untuk produk televisi.

sumber: BPS
sumber: BPS

Pemerintah Mendorong Eksportir Muda Indonesia Aktif Melakukan Ekspor ke Uni Emirad Arab

 

Bicara soal produk Indonesia yang banyak di ekspor ke Timur Tengah atau Uni Emirad Arab, memang hingga kini kita masih mengatakan bahwa belum maksimal di lakukan oleh pelaku bisnis yang ada di Indonesia.  Padahal jika kita melihat potensi yang bisa di kembangkan untuk masa kini dan mendatang jelas menjadi satu hal yang menarik. Terlebih saat Indonesia dengan beragam kebijakannya sedang gencar-gencarnya melakukan aktivitas ekspor untuk menunjang peningkatan pendapatan dari luar negeri.

sumber: BPS
sumber: BPS

Itulah sebabnya dengan besarnya potensi yang di miliki Indonesia, maka pemerintah mencoba untuk mengajak para generasi muda yang berminat untuk ekspor agar bisa mengoptimalkan potensi yang ada dengan kemudahan ekspor yang diberikan oleh pemerintah.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun