Keragaman budaya Indonesia memang pada akhirnya menjadi salah satu dasar kenapa di Indonesia memiliki banyak produk kerajinan yang tersebar di nusantara. Bukan karena awalnya kerajinan adalah produk  yang di gunakan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Tetapi karena saat ini pelaku bisnis kerajinan tahu bahwa dunia luar menyukai beragam produk kerajinan yang ada di Indonesia.Â
Â
Konsep cara berfikir dan berkreasi itulah yang pada akhirnya saat  ini  Pemerintah menghadirkan yang Namanya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Hal itu cukup beralasan bahwa ekonomi kreatif yang didalamnya terdapat beragam jenis produk kerajinan yang ada di Indoensia bisa menjadi salah satu potensi pendapatan utama yang berasal dari ekspor Indonesia.Â
Seperti yang kita lihat dari beberapa data yang menjelaskan seperti apa  progress kemajuan ekspor produk kerajinan yang ada di Indonesia. Â
Jika kita bicara soal nilai ekspor produk  kerajinan Indonesia. Kita bisa melihat bahwa dalam 2 tahun  terakhir saja nilainya selalu menunjukkan kemajuan, di tahun 2020 nilainya masih berada di angka US$829 juta. Tetapi masuk ke tahun 2021 terjadi peningkatan nilai sebesar 10,49% sehingga hingga akhir tahun 2021 nilainya bisa mencapai US$ 916.
Ada beberapa  alasan yang membuat kenapa produk kerajinan asli Indonesia begitu di minati oleh masyarakat dunia. Setidaknya ada beberapa alasan yang bisa menjelaskan kondisi tersebut :
(1) Masyarakat luar negeri suka dengan produk kerajinan Indonesia, karena mereka suka dengan motif, desain dan kualitas produk kerajinan Indonesia. Karena mereka tahu konsep desain yang ada dalam sebuah produk kerajinan Indonesia memiliki nilai estetis yang tinggi.
(2) Masyarakat luar negeri tahu  bahwa budaya Indonesia kaya akan inspirasi  yang bersifat klasik, tradisional dan kontemporer.  Dimana kualitas desain seperti  itu tidak bisa di ikuti oleh konsep desain modern yang ada di luar negeri. Sehingga berdasarkan kondisi itulah produk kerajinan Indonesia cukup banyak di minati oleh masyarakat dunia.
(3) Yang pasti kualitas produk yang di buat oleh para pengrajin produk kerajinan yang ada di Indonesia bisa bersaing. Sehingga berdasarkan kondisi inilah masyarakat luar negeri pada akhirnya menyenangi produk -produk kerajinan khas Indonesia.
Â