Mohon tunggu...
ACHMAD TOYIB
ACHMAD TOYIB Mohon Tunggu... Guru - guru

guru di TK DHARMA WANITA GEGER I

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

1.3.a.4.2 Eksplorasi Konsep Berbagi Tugas Kesimpulan tentang Inkuiri Apresiatif

22 November 2021   14:00 Diperbarui: 23 November 2021   02:08 6649
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Setelah melihat dan memahami video BAGJA saya memperoleh pengetahuan dan ilmu tentang bagaimana menciptakan sekolah yang aman dan nyaman bagi semua warga sekolah. Dimana sekolah yang dapat menciptakan suasana pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik. 

Disamping itu untuk mewujudkan visi mimpi murid yang kita impikan sesuai dengan visi kita sebagai guru penggerak dan segaris dengan visi lembaga. sehingga setelah melihat video BAGJA saya dapat gambaran dalam menerapkan visi tersebut.

Adapun visi impian saya adalah murid saya bisa Beriman, Bertaqwa, Cerdas, Sehat, Kreatif, Mandiri, dan Santun Dalam Berbudaya. sehingga untuk mewujudkan hal tersebut strategi yang saya lakukan adalah dengan : 

  • Menanamkandan menciptakan kerukunan, kepedulian, toleransi  serta keimanan dan ketaqwaan terhadap tuhan dan agama yang dianutnnya
  • Membantu mengembangkan minat dan potensi diri melalui kegiatan bermain aducatif;
  • Menerapkan pembelajaran PAIKEM ( Pembelajaran aktif, kreatif, inofatif, kreatif, efektif dan menyenangkan );
  • Membudayakan pola hidup  bersih,sehat, jujur dan berbudi pekerti luhur;
  • Memberikan kesempatan untuk berkreasi, bereksplorasi, berinovasi dengan lingkungan yang kondusif;
  • Menumbuh kembangkan potensi diri, percaya diri dan mampu memecahkan masalah secara mandiri serta memiliki rasa tanggung jawab
  • Mengembangkan dan membiasakan perilaku   tertib, disiplin , santun dan berbudaya dalam membentuk manusia berkarakter;
  • Menanamkan dan mengembangkan sikap cinta tanah air , berbangsa dan bernegara;
  • Meningkatkan kualitas dan profesionalitas guru sehingga pembelajaran bermakna.
  • Meningkatkan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan

Serta untuk mewujudkan visi sekolah sebagai tahapan BAGJA adalah :

B = Buat Pertanyaan Utama untuk menentukan arah penelusuran dengan membuat pertanyaan-pertanyaan kemudian didiskusikan dan pilih salah satu pertanyaan

A  = Ambil Pelajaran  fokus satu pertanyaan utama yang disepakati, kemudian menuntun untuk mengambil pelajaran dari pengalaman positif individu atau kelompok. komunitas sekolah menjawab pertanyaan lanjutan dari pertanyaan utama.

G = Gali Mimpi yaitu menggali mimpi sebagai keadaan ideal yang diinginkan melalui narasi berdasarkan kondisi yang ada, dengan menyusun pertanyaan pemandu.

J = Jabarkan Rencana yaitu dengan mengidentifikasi tindakan yang diperlukan dan mengambil keputusan berdasarkan pertanyaan yang telah disusun agar lebih kongkrit

A= Atur eksekusi  membantu transformasi rencana menjadi nyata yang mampu memutuskan peran-peran dalam pelaksanaan.

Serta sesuai dengan paradigma inkuiri positif, dari Ki Hadjar Dewantara anak sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman untuk anak bisa hidup, tumbuh dan berkembang sesuai dengan tahapan usia anak. serta untuk bisa menciptakan pembelajaran inkuiri apresiatif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun