1.1.a.10 AKSI NYATA_PENERAPAN PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA DI KELAS DAN DI SEKOLAH
Peneran pemikiran ki hadjar dewantara di TK DHARMA WANITA GEGER I saya lakukan dengan pembelajaran berbasis Proyek dengan MODEL PEMBELAJARAN Kelompok dengan kegiatan Pengaman Berbasis STEAM dan LOOSE PART. Dapat dilihat dari foto diatas adalah kegiatan anak melaksanakan kegiatan pembelajaran dimana anak-anak BERGOTONG-ROYONG dalam membuat HASIL KARYA.
 Dalam hal ini sikap yang saya tanamkan adalah KD 2 dan KI 2.9 yaitu mempunyai perilaku yang mencerminkan sikap menghargai dan toleran kepada orang lain .Â
Proses Penerapan dalam pembelajarannya adalah :
- Kegiatan berbaris dihalaman sealnjutnya melakukan UPACARA BENDERA dan IKRAR PANCASILA dalam kegiatan ini adalah kita menanamkan sikap karakter CINTA TANAH AIRÂ
- Kegiatan Pembukaan yaitu BERDOA , menyanyikan lagu TULUNGAGUNG dan WISATA SENDANG sebagai bentuk cinta dan bangga akan daerah kitaÂ
- Kegiatan INTI : membuat kesepakatan  kelas dan menerapkan pembelajaran Berbasis kegiatan Proyek dalam hal ini anak-anak memilih kegiatan sesuai dengan keinginannya dan kelompok masing -masing untuk membuat sebuah HASIL KARYA
Kegiatan RECALLING , dalam kegiatan ini kita memperdalam Pengetahuan dan keterampilan yang sudah dipelajari anak supaya apa yang sudah diterima dan apa yang diketahuinya bisa memberikan pengalaman yang bermakna.
Kegiatan Penutup : dalam kegiatan penutup diakhiri dengan BERDOA se bagai wujud Syukur atas nikmat dan karunia serta ilnu yang TUHAN sudah berikan pada hari ini.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H