Kadugede, 3 Oktober 2024 -- Mahasiswa Asistensi Mengajar dari Universitas Muhammadiyah Kuningan menginisiasi kegiatan literasi membaca di SDN 1 Kadugede pada Kamis, 3 Oktober 2024. Kegiatan yang berlangsung di perpustakaan sekolah ini melibatkan siswa kelas 4, 5, dan 6.
Kegiatan dimulai dengan para siswa membaca buku-buku yang tersedia di perpustakaan. Khusus untuk siswa kelas 4 dan 5, mereka melaksanakan kegiatan membaca dan menjelaskan di depan teman-temannya. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman serta keterampilan berbicara di depan umum, sekaligus membangun kepercayaan diri para siswa. Setiap siswa mendapatkan kesempatan untuk membaca sebuah teks, kemudian menjelaskan kembali isi bacaan tersebut kepada teman-teman sekelasnya. Materi yang dibaca mencakup berbagai topik menarik yang disesuaikan dengan kurikulum dan minat siswa.
Setelah sesi membaca, mahasiswa memberikan studi kasus kepada setiap kelas untuk didiskusikan. Sebagai contoh, siswa kelas 3 diberikan masalah mengenai banjir, penyebabnya, dan cara menanggulanginya. Para siswa mendiskusikan permasalahan tersebut secara berkelompok, kemudian mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas. Sesi ini diakhiri dengan tanya jawab antara mahasiswa dan siswa terkait hasil diskusi yang telah dilakukan.
Selain meningkatkan kemampuan membaca dan berbicara di depan umum, kegiatan ini juga diharapkan dapat menanamkan rasa tanggung jawab dan kemampuan berpikir kritis pada para siswa. Melalui diskusi kelompok dan presentasi, siswa diajak untuk bekerja sama dan saling bertukar pikiran, sehingga tercipta lingkungan belajar yang interaktif dan kolaboratif.
Kegiatan literasi ini merupakan salah satu upaya Mahasiswa Asistensi Mengajar Universitas Muhammadiyah Kuningan untuk turut berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SDN 1Â Kadugede. (Achmad Agil)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H