Mohon tunggu...
Astri Mayasari
Astri Mayasari Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Sekilas Potret Pedagang di Kesturi Walk

28 Oktober 2017   14:55 Diperbarui: 28 Oktober 2017   18:21 1078
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
A local fruit seller. dokpri

Ketika bepergian ke tempat baru, sayang rasanya melewatkan lawatan ke pasar tradisional. Pasar Seni, tepatnya Kesturi Walk, selalu menarik perhatian saya ketika sedang ke Kuala Lumpur. Bukan untuk berbelanja, hari itu saya hanya menikmati jalan-jalan santai sore hari setelah mengantar seorang kawan berkeliling di Merdeka Walk.

Mengamati interaksi pedagang dan pembeli, kios - kios yang menarik, dan raut wajah para pedagang adalah cara saya menikmati sisi lain sebuah pasar.  Beberapa hal yang saya amati dan menjadi perhatian saya di hari itu adalah ibu penjual buah-buahan lokal dan seorang pedagang minuman es. Entah mengapa saya langsung menujukan pandangan ke kios ibu ini, mungkin karena warna-warni kontras yang memikat.

Sudah sore, tapi dagangan ibu ini masih banyak. Sayangnya saya tak sempat membeli buah -- buahan dan berbincang-bincang dengannya, karena kawan saya mengajak buru-buru mencari Restoran Yusoof dan Zakhir. Untung saja saya sempat mengabadikan gambar ibu dan kiosnya.

Cuaca Kuala Lumpur yang sangat panas dari siang hingga sore itu membuat buah manggis, duku, pisang, dan berbagai macam apel sepuluh kali lebih menarik dari biasanya. Cuaca panas juga yang membuat badan ibu ini penuh dengan peluh. Sorot matanya masih berbinar penuh dengan harapan.

Dibalik itu mungkin ada rasa lelah, khawatir, gelisah, atau sebaliknya, semangat yang luar biasa besar untuk menghidupi keluarganya. Ah, saya hanya bisa menebak -- nebak. Saya tidak akan tau yang ibu itu rasakan kalau saya tidak langsung bertanya padanya. Jika berkujung lagi ke Kesturi Walk, saya akan berbincang dengan ibu ini.

Ice and Coconut water seller. dokpri
Ice and Coconut water seller. dokpri
Sedikit berjalan ke arah dalam sembari menuju restoran timur tengah yang diidam-idamkan kawan saya, apa yang saya temui adalah sebuah kios minuman es.

Tertulis menu : air mata kucing, coconut water, dan sejenis minuman sirsak. Lebih mendekat ke arah kios, terlihat seorang lelaki memakai apron merah dan songkok hitam dikepalanya. Lelaki ini adalah pemilik kios. Tidak terlihat ada orang lain yang membantunya. Namun sore itu ia cukup sibuk melayani pembeli yang silih berganti mengunjungi kios kecilnya.

Lebih dekat lagi, lelaki penjual minuman es yang berpostur besar ini sedang menghitung penghasilannya. Tidak ada mesin kasir, uang hasil penjualan minuman es nya ditempatkan disebuah wadah mirip mangkuk agak besar berwarna hitam, cukup unik. Mungkin dia sedang mengumpulkan tabungan untuk orangtuanya, atau sedang menghitug pendapatan untuk membayar cicilan. Lagi-lagi, saya hanya menebak.

Sudah sangat lama saya mengagumi sosok pedagang. Ya mereka yang berkomitmen untuk berniaga sebagai jalan mencari nafkah. Nabi bersabda "Sesungguhnya sebaik-baik usaha adalah usaha perdagangan ", hadits ini dengan tegas menyebutkan bahwa profesi terbaik menurut Nabi Muhammad SAW adalah dengan berniaga.  Adakah beberapa diantara kita yang menyambung hidup dengan berniaga? sungguh mulianya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun