Mohon tunggu...
Achi Hartoyo
Achi Hartoyo Mohon Tunggu... Editor - https://achihartoyo.com/

https://achihartoyo.com/

Selanjutnya

Tutup

Money

Menikmati Vibes Ramadan di Muslim Life Fair 2022, dari Pakaian sampai Kuliner Lengkap Tersedia

26 Maret 2022   08:56 Diperbarui: 26 Maret 2022   09:03 1093
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ajang Muslim Life Fair 2022 sudah dibuka (Dokpri)

Ramadan adalah bulan penuh berkah. Begitulah biasanya umat Islam menyebut momen bulan suci yang datangnya setahun sekali ini. Seminggu menjelang Ramadan tahun ini, vibes-nya sangat berbeda dengan dua tahun belakangan yang terbilang sepi karena pembatasan sosial selama pandemi. Kemeriahan menyambut Ramadan yang cukup berbeda tahun ini, membuat saya semangat mengikuti beragam event yang banyak digelar.

Kalau emak-emak begitu semangat belanja baju-baju Lebaran di Tanah Abang, saya lebih suka menghibur diri dengan jalan-jalan di Muslim Life Fair yang digelar di Istora, Senayan, Jakarta. Di sini, selain bisa cuci mata melihat produk-produk UMKM yang dijajakan, saya bisa mengikuti beragam kegiatan dan kajian yang bisa menambah semangat spiritual saya dalam menyambut Bulan Ramadan.

Buat saya, 'healing' seperti ini ndak perlu jauh-jauh sampai ke luar kota. Di kota Jakarta pun saya bisa mendapatkan suasana 'healing' jelang Ramadan di Istora, Senayan. Sensasi melihat antusias dan keseruan orang berbondong-bondong menyemarakkan Muslim Life Fair 2022, memberi energi baru yang susah dijelaskan. Pokoknya, kalau sudah ke sini saya jadi lupa waktu. Dari pagi sampai malam pun betah.

Muslim Life Fair 2022 ini sedikit berbeda dengan tahun 2019 (sebelum pandemi). Di gelaran kali ini, protokol kesehatan dijaga ketat. Setiap pengunjung wajib mematuhi prokes. Meski ramai insyaallah aman.

Menikmati Perhelatan Akbar UMKM Produk Halal 

Salah satu stand baju-baju muslim (Dokpri)
Salah satu stand baju-baju muslim (Dokpri)

Sebagai Muslim yang tidak taat-taat amat seratus persen, melihat beragam produk halal seperti kuliner, modest fashion, halal travel, buku-buku islami, hobbies and communities, dan macam-macam ini seperti melihat oase di tengah kota. Saya bisa merasakan bahwa tren hidup halal meningkat pesat dalam beberapa dekade belakangan ini.

Pengunjung Muslim Life Fair tahun ini membludak. Bahkan, saya sempat 'mencicipi' sedikit kemacetan sesaat sebelum masuk area parkir. Boleh dibilang, pembukaan hari pertama ini cukup sukses. Infonya, pihak penyelenggara menargetkan pembukuan transaksi sebesar Rp50 miliar. Jumlah ini sedikit menurun jika dibandingkan dengan gelaran Muslim Life Fest 2019. Kurang lebih hanya sepertiganya. Saya bisa memaklumi. Saat ini masih dalam kondisi 'musim paceklik' akibat pandemi yang belum usai.

Menyusuri lorong-lorong booth yang penuh pernak-pernik Ramadan, membuat saya lupa waktu. Sebagai pengunjung, saya menikmati betul aneka ragam produk yang dijajakan. Dari pakaian sampai kuliner lengkap tersedia.

Muslimah yang ingin mendapatkan baju-baju syar'i dengan beragam jenis, wajib banget ke sini. Produk-produk seperti jilbab, gamis, khimar, sampai bergo semua lengkap tersedia. Surga banget buat muslimah yang ingin memborong baju untuk menyambut momen Ramadan dan Lebaran. Salah satu stand yang paling banyak menjajakan produk ini adalah Pelangi Hijab yang cukup menonjol dibandingkan stand-stand lain. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun