Mohon tunggu...
Aceng Muhammad Supyan S
Aceng Muhammad Supyan S Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, UIN SGD Bandung

Hobby saya traveling dan kluiner

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pemikiran Tokoh Manajemen Mutu Pendididkan Dr. Joseph M Juran

3 April 2024   08:08 Diperbarui: 3 April 2024   08:34 611
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Banyak yang menganggap Dr. Joseph M. Juran sebagai tokoh utama dalam banyak teknik manajemen mutu yang masih digunakan di industri saat ini. Lahir di Rumania pada tahun 1904, setelah keluarganya beremigrasi ke Amerika Serikat, ia memperoleh gelar dalam bidang teknik elektro. Setelah Perang Dunia I, ia mulai bekerja di Sistem Lonceng, di mana ia terkena konsep pengambilan sampel statistik dan pengendalian kualitas. Selama Perang Dunia II, Juran bekerja sebagai administrator di Administrasi Pinjam-Sewa pemerintah. Setelah perang berakhir, ia memilih untuk tidak kembali ke Bell dan melanjutkan pekerjaannya di bidang kualitas.

Setelah menduduki posisi di Departemen Teknik Industri Universitas New York, Juran menghabiskan beberapa tahun berikutnya mengembangkan teorinya tentang pengendalian kualitas sambil memberikan pengajaran dan konsultasi kepada berbagai bisnis. Selain itu, ia mulai menulis yang kemudian dikenal sebagai Buku Pegangan Pengendalian Mutu yang terkenal, yang pertama kali diterbitkan oleh McGraw-Hill pada tahun 1951. Buku pegangan Juran terus dicetak hingga saat ini, dengan edisi ketujuh yang secara substansial lebih luas daripada edisi aslinya, dan tetap menjadi teks yang sangat dihargai dalam bidang pengendalian mutu.

Reputasi Dr. Juran di bidang manajemen mutu tidak hanya dikenal secara nasional, tetapi juga diakui secara internasional. Pada tahun 1954, Persatuan Ilmuwan dan Insinyur Jepang mengundang Juran ke Jepang untuk berdiskusi tentang teori dan teknik yang telah ia kembangkan selama bertahun-tahun. Selama kunjungannya, ia mengadakan sesi dengan manajer senior dan menengah dari berbagai perusahaan Jepang, memberikan penjelasan tentang integrasi aktivitas pengendalian kualitas ke dalam proses bisnis mereka.

Pendekatan manajemen mutu Dr. Juran didasarkan pada tiga prinsip utama. Yang pertama adalah penerapan prinsip Pareto -- juga dikenal sebagai "aturan 80/20." Dalam konteks kualitas, hal ini berarti mengidentifikasi "yang penting sedikit dan banyak yang sepele" -- dengan kata lain, persentase kecil dari akar penyebab dalam proses manufaktur atau jasa yang menyebabkan dampak terbesar dalam hal cacat atau biaya.

Prinsip kedua dari pendekatan Juran terhadap kualitas adalah teori manajemen. Ini melibatkan pergeseran paradigma dari hanya memusatkan perhatian pada kualitas produk akhir ke evaluasi yang lebih komprehensif terhadap aspek manusia dalam manajemen kualitas. Pendidikan dan pelatihan bagi para manajer di tempat kerja dianggap sama pentingnya dengan proses manufaktur, sementara faktor-faktor manusiawi lainnya seperti resistensi terhadap perubahan juga dianggap signifikan. Teori manajemen Juran menjadi fundamental dalam memperluas prinsip-prinsip manajemen mutu dari lingkungan pabrik ke prinsip-prinsip yang dapat diterapkan pada proses yang terkait dengan layanan.

Prinsip terakhir terdiri dari tiga proses yang sering dikenal secara kolektif sebagai Trilogi Juran. Ketiga elemen tersebut adalah perencanaan kualitas (tahap desain), pengendalian kualitas (inspeksi berkelanjutan untuk memastikan bahwa proses terkendali) dan peningkatan kualitas (termasuk penyempurnaan proses secara proaktif untuk meningkatkan proses).

Kontribusi Dalam Manajemen Mutu Pendidikan

Dalam merencanakan mutu pendidikan, Joseph Juran menggunakan pendekatan Manajemen Mutu Management (Strategic Quality Management) yang banyak dibicarakan dan di terapan ahir-ahir ini. SQM (Strategic Quality Management), adalah sebuah proses tiga bagian yang didasarkan pada staf pada tingkat yang berbeda yang memberi kontribusi unik terhadap peningkatan mutu. Pimpinan lembaga memiliki pandangan strategis tentang organisasi atau lembaga, wakil pimpinan memiliki pandangan operasional tentang mutu, dan para guru memiliki tanggung jawab terhadap kontrol mutu.

SQM (Strategic Quality Management), cocok diterapkan dalam konteks pendidikan sejalan dengan gagasan Consultant at Work oleh John Miller dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. John Miller berpendapat bahwa manajemen senior (Dewan Rektor) perlu menggunakan manajemen mutu strategis dengan cara menyusun visi, prioritas dan kebijakan universitas.

Joseph Juran dalam Rusman (2009:56) memperkenalkan tiga proses kualitas atau mutu diantaranya sebagi berikut:

  • Perencanaan mutu (quality planning) yang meliputi kualitas pelanggan, menentukan kebutuhan pelanggan, menyusun sasaran mutu, dan meningkatkan kemampuan peroses.
  • Pengendalian mutu (quality control), terdiri dari memilih dasar pengendalian, memilih jenis pengukuran, menyusun standar kerja, dan mengukur kinerja yang sesungguhnya.
  • Perbaikan dan peningkatan mutu (quality improvement), terdiri dari: mengidentifikasi perbaikan khusus, mengorganisasi lembaga untuk mendiagonis kesalahan, menemukan penyebab kesalahan peningkatan kebutuhan untuk mengadakan perbaikan.

Joseph Juran berpendapat bahwa penggunaan sebuah pendekatan untuk meningkatkan mutu pendidikan harus tahap demi tahap sebab semua bentuk peningkatan mutu harus dilakukan dengan cara tahap demi tahap.

Menurut Usman (2011:504) komponen manajemen mutu diatas secara sistematis menjadi hal-hal dibawah ini:

  • Membangun kesadaran terhadap kebutuhan dan kesempatan untuk pengembangan
  • Menyusun tujuan yang jelas untuk pengembangan
  • Menciptakan susuanan organisasi untuk menjalankan proses pengembangan
  • Menyediakan pelatihan yang sesuai
  • Mengambil pendekatan terhadap penyelesaian masalah
  • Mengidentipikasi dan melaporkan pelaksanaan
  • Mengetahui keberhasilan
  • Mengomunikasikan hasil
  • Melaporkan perubahan
  • Mengembangkan peningkatan tahunan pada seluruh proses pendidikan.
  • Dalam mengelola mutu pendidikan, hemat penyusun seorang pimpinan harus memperhatikan komponen-komponen diatas, selain itu harus mengevaluasi sejauh mana keberhasilan yang telah dilakukan yang berkaitan dengan perencanaan The Juran Trilogy tentang mutu (Quality Planning), pengendalian mutu (Quality Control), dan perbaikan serta peningkatan mutu (Quality Improvement).

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun