Mohon tunggu...
Abu Yazid
Abu Yazid Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Sedang belajar seni untuk dibenci...

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Implementasi Kurikulum di Indonesia: Tantangan Konsistensi, Kesenjangan, dan Relevansi

6 Juni 2024   02:37 Diperbarui: 6 Juni 2024   02:42 59
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

A. Kurangnya Konsistensi dan Kejelasan dalam Implementasi:

  • Seringnya Perubahan Kurikulum: Perubahan kurikulum yang terlalu sering, seperti peralihan dari Kurikulum 2006 ke Kurikulum 2013 dan kemudian ke Kurikulum Merdeka Belajar, menimbulkan kebingungan dan ketidakpastian di kalangan guru, siswa, dan orang tua. Konsistensi dalam kebijakan pendidikan sangat penting untuk memberikan stabilitas dan kepastian.
  • Keterbatasan Sosialisasi dan Pelatihan: Banyak guru merasa tidak mendapatkan pelatihan yang memadai untuk menerapkan kurikulum baru. Pelatihan sering kali hanya berlangsung singkat dan tidak komprehensif, sehingga tidak memberikan pemahaman yang mendalam mengenai perubahan yang diperlukan.

B. Kesenjangan Pendidikan:

  • Perbedaan Kualitas Pendidikan: Kurikulum yang diterapkan secara seragam di seluruh Indonesia sering kali tidak mempertimbangkan kesenjangan dalam hal fasilitas dan sumber daya pendidikan antara daerah perkotaan dan pedesaan. Hal ini menyebabkan ketimpangan kualitas pendidikan yang signifikan.
  • Akses terhadap Teknologi: Implementasi teknologi dalam pendidikan tidak merata. Banyak sekolah di daerah terpencil yang masih belum memiliki akses internet yang memadai, sementara kurikulum sering kali mengasumsikan ketersediaan teknologi ini.

C. Penekanan Berlebihan pada Asesmen dan Nilai:

  • Stres pada Siswa: Penekanan yang kuat pada ujian dan penilaian dapat menyebabkan stres dan kecemasan yang berlebihan di kalangan siswa. Ini mengurangi kesenangan belajar dan menghambat pengembangan kreativitas serta kemampuan berpikir kritis.
  • Kurangnya Fokus pada Pendidikan Karakter: Meskipun ada upaya untuk memasukkan pendidikan karakter dalam kurikulum, penekanannya masih kurang kuat dan sering kali tidak tercermin dalam praktik sehari-hari di kelas.

D. Relevansi Kurikulum terhadap Dunia Kerja:

  • Ketidaksesuaian dengan Kebutuhan Industri: Kurikulum sering kali tidak sepenuhnya sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan industri. Siswa lulusan sering kali tidak memiliki keterampilan praktis yang diperlukan untuk berhasil di pasar kerja.
  • Minimnya Pendidikan Vokasi: Pendidikan vokasional dan keterampilan teknis masih kurang mendapatkan perhatian yang memadai dalam kurikulum. Padahal, keterampilan ini sangat penting untuk mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan daya saing tenaga kerja Indonesia.

E. Masalah Birokrasi dan Pengawasan:

  • Birokrasi yang Berbelit-belit: Implementasi kebijakan pendidikan sering kali terhambat oleh birokrasi yang rumit dan tidak efisien. Ini menghambat inovasi dan respons cepat terhadap kebutuhan pendidikan.
  • Kurangnya Pengawasan yang Efektif: Pengawasan dan evaluasi terhadap implementasi kurikulum sering kali kurang efektif. Banyak sekolah yang tidak menjalankan kurikulum dengan baik namun tidak mendapatkan pembinaan yang cukup dari pemerintah.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun