buat orang-orang yg seumuran dengan admin, tahun 2017-2020 mungkin jadi tahun-tahun untuk cari kerja. ini beberapa tips yg bisa ngelancarin proses wawancara kerja:
1. cari tau tentang calon tempat kerja, orang yang ngurus masalah perekrutan dan kesempatan kerja yang ada
sebelom terjun bertempur, siapkan dulu data seluk-beluk "musuh", supaya tau celah-celah yang kiranya bisa dipake buat ngelancarin misi.
cari tau seluk beluk calon tempat kerja lewat internet, kerabat, orang dalem dll.
2. paham pertanyaan pasaran
ada beberapa pertanyaan yang pasaran, selalu ditanya sama perekrut kepada calon pekerja. pahami pertanyaan-pertanyaan ini, biar kagak kepeleset. malu maluin kalo ditanyain pertanyaan pasaran aja udah kepeleset.
oh ya, cari tau juga saat diwawancara itu yang nanyain ada beberapa orang. beda jumlah penanya, beda taktik.
3. pake baju yang kiranya pas
kultur tiap tempat kerja itu beda-beda, jadi cari tau dulu kulturnya, terutama gaya berpakain yg umum disitu.
orang yang pake baju formal belom tentu dilirik, apalagi banyak usaha baru yang dibuat anak muda sekarang yg mereka itu carinya orang-orang bergaya riang gembira.
beda ladang, beda ilalang.