Mohon tunggu...
abu riki
abu riki Mohon Tunggu... Jurnalis - abu riki

everything will change

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Grab Permudah Aktivitas Manusia

23 Desember 2019   12:21 Diperbarui: 23 Desember 2019   12:33 27
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Seiring dengan kemajuan jaman teknologi berkembang sangat pesat yang mendorong manusia untuk menciptakan berbagai teknologi dan informasi untuk membantu memudahkan berbagai aktivitas manusia contohnya saja seperti aplikasi grab yang merupakan sebuah aplikasi untuk memesan kendaraan secara online melalu sebuah aplikasi di hand phone.

Grab sendiri merupakan platform pemesanan kendaraan terkemuka di Asia Tenggara. Grab menjawab sejumlah tantangan transportasi yang krusial dan mewujudkan kebebasan transportasi bagi 620 juta orang di Asia Tenggara. Grab bermula dari aplikasi pemesanan taksi pada 2012, yang kemudian mengembangkan platform produknya dimana terdapat layanan pemesanan mobil sewaan (GrabCar), ojek (GrabBike), carpooling (GrabHitch) dan layanan pemesanan kurir (GrabExpress). Layanan Grab ditujukan untuk memberikan alternatif berkendara bagi para pengemudi dan penumpang yang menekankan pada kecepatan, keselamatan dan kepastian.

Hal ini tentu saja banyak menarik orang-orang di jaman sekarang untuk mempermudah ativitas mereka dikarenanakan begitu mudah dalam memesannya. Bagaimana tidak kita hanya kita hanya perlu menekan ok pada aplikasi pada handphone kita dan setelah itu kita hanya perlu menunggu drivernya datang menjemput kita tanpa harus repot-repot kita pergi ke pangkalan ojek

Kita juga tidak perlu bergonta-ganti naik kendaraan lagi karena grab dalam pemesanannya selalu mengantarkan sampai tempat yang kita tuju, ditambah dengan biaya yang relatip terjangkau untuk sebuah kendaraan yang mengantarkan sampai tujuan yang pemesanannya bisa dilakukan dengan mudah

Untuk orang-orang dijaman sekarang grab mungkin menjadi sebuah inovasi untuk membantu aktivitas mereka selain mudah dalam cara pemesanan juga dapat dengan cepat menghantarkan pada tempat tujuan kita, karena grab mungkin berbeda dengan kendaraan umum lainnya seperti angkot yang sering lama sampai karena harus ngetem terlebih dahulu atau mungkin terjebak macet yang pada akhirnya harus datang terlambat karena hai tersebut

Peminat grab juga tidak hanya di dominasi oleh orang yang bekerja atau keperluan lainnya. Tetapi banyak anak sekolah atau mahasisw jaman sekarang lebih memilih grab dibandingkan dengan kendaraan umum lainnya. Alasannya selain mudah dalam pemesanan dan cepat sampai pada tempat mereka belajar juga karena factor keamanan. Meskipun grab juga tidak semuanya aman bagi penmpangnya tetapi banyak orang tua yang lebih memercayai anaknya untuk naik grab dibandingkan dengan kendaraan umum lainnya seperti angkot dan yang lainnya. Mereka juga banyak yang mengatakan bahwa kendaraan umum seperti itu kurang aman bagi keselamatan anak-anak karena takut ada copet dan sebagainya

Selain dari pada itu grab juga terbukti semakin mendapatkan kepercayaan masyarakat karena sudah terbukti jika dengan menggunakan grab mereka lebih bisa tepat waktu sampai ditempat tujuan. menurut studi Social Impact Study yang dilakukan oleh tim dari Program MBA University of Cambridge Judge Business School. Studi ini mengungkapkan bahwa Grab telah meningkatkan kehidupan para mitra pengemudi dan penumpangnya, yang sejalan dengan misi sosialnya. Studi ini menunjukkan bahwa masyarakat di Jakarta menganggap aplikasi pemesanan kendaraan, seperti Grab, dapat meningkatkan kehidupan mereka secara signifikan.

Selain selain itu grab juga memberikan penjelasan terhadap yang menjadi kekhawatiran masyarakat seperti arif yang ditetapkan sepihak atau lamanya waktu menunggu, dan kami sangat senang dapat memecahkan masalah tersebut untuk para penumpang kami. Grab pertama kali beroperasi pada bulan Juni tahun 2012 sebagai aplikasi pemesanan taksi dan sejak itu telah memberikan beragam pilihan transportasi seperti mobil dan ojek. Studi tersebut menggarisbawahi kepercayaan mitra pengemudi dan penumpang Grab untuk keandalan aplikasi Grab dan nilai tambah yang kami berikan dalam hal kualitas tumpangan dan pendapatan yang lebih baik untuk mitra pengemudi.

Bagi masyarakat perkotaan khususnya yang banyak kesibukan mungkin menggunakan aplikasi grab ini sudah menjadi sebuah tradisi baru untuk menopang sebuah aktivitas mereka. Karena jarak yang ditempuh dan padatnya jalan oleh berbagai macaam kendaraan yang menyebabkan kemacetan mungkin grab adalah sebuah solusi terbaik bagi mereka agar selalu tepat waktu

Selain kendaraan bermotor grab ada juga yang menggunakan kenaraan mobil dan hal ini juga tidak kalah banyaknya peminat untuk memesannya, karena kendaraan mobil yang dugunakan  biasanya adalah mobil yang dalam keadaan masih bagus, sekali lagi banyak masyarakat yang memilih kendaraan umum ini dibandingkan dengan angktan umum lainnya karena tetap saja meskipun kendaraan ini bentuknya mobil itu tidak akan ada istilah ngetem atau menunggu penumpang lain dan tentunya dalamnya lebih nyaman dan grab dengan jenis kendaraan mobil ini juga memiliki daya tarik tersndiri karena dalam pemesanannya bisa memuat beberapa orang tergantung dengan kapasitasnya

Selain itu, Baik penumpang GrabCar dan GrabBike merespon bahwa peningkatan paling utama dibanding layanan transportasi yang ada adalah Grab telah memberikan estimasi waktu dan tariff yang lebih baik, memungkinkan penumpang untuk menghindari pembayaran tarif yang terlalu mahal, memberikan layanan pelanggan yang lebih cepat dan baik serta aman untuk digunakan oleh seluruh anggota keluarga mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun