Mohon tunggu...
abul khasan
abul khasan Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Jangan katakan pada Allah SWT kalau kita punya masalah, tapi katakan pada masalah bahwa Kita punya Allah SWT.

Selanjutnya

Tutup

Gadget Pilihan

Cyberspace sebagai Jembatan Menuju Perubahan Sosial

9 Mei 2020   10:00 Diperbarui: 9 Mei 2020   09:56 172
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Ruang baru telah tercipta atas kehadiran teknologi yang semakin canggih yang kita kenal sebagai cyberspace. Adanya migrasi besar yang tampak di kehidupan era sekarang atau lebih dikenal dengan era modern. Sebagian besar aktivitas nyata berupa spiritual, kultural, ekonomi, sosial dan politik dapat diputar digantikan dengan dunia maya. Setiap orang memaknai kehidupan mereka sendiri yang didorong dengan adanya perubahan humanis. Kehidupan yang awalnya dilakukan secara alamiah atau natural kini dilakukan berdasarkan cara artifisial. 

Cyberspace menciptakan sebuah  kehidupan yang dibangun oleh model kehidupan yang mediasi secara mendasar oleh teknologi. Kehidupan baru tersebut dinamakan dengan kehidupan artifisial.

Ruang baru atau cyberspace merupakan ruang imajiner, cara baru yang dapat dilakukan masyarakat dalam proses sosial sehari-hari. Sehingga berbagai kegiatan dapat disangkut pautkan dengan teknologi, khususnya teknologi komputer dan informasi yang digunakan mengartikan realitas. Manusia memasuki cyberspace dengan kesadarannya.

Sebagaimana yang telah dikatakan Alfred Schutz dan Thomas Luckman dalam karyanya The structure of the life world, di dalam dunia kehidupan melibatkan consciousness, experiences dan persepsi. Kesadaran manusia adalah kesadaran akan sesuatu, yaitu kesadaran kognitif yang menangkap berbagai objek di sekitar. 

Dunia cyberspace yang dimasuki manusia berbeda dengan dunia riil atau objek nyata melainkan objek yang ditangkap pengalaman hanya dalam wujud halusinasi. Namun halusinasi tersebut bukan berarti dunia mimpi, tetapi dunia virtual yang dibangun oleh ruang artifisialitas teknologi.

Kehidupan sosial dalam berbagai tingkah telah dipengaruhi oleh perkembangan dan kemajuan cyberspace. Perubahan tersebut tampak pada sosial tingkat individu, tingkat antar individu dan tingkat komunitas. Pada tingkat individu, perubahan mendasar yang terjadi mengenai self dan idenitity. Adanya ruang yang luas untuk setiap orang menciptakan konsep tentang diri dan identitas menjadi konsep tanpa makna. Artinya hakikat identitas itu sendiri tidak ada lagi, yang disebabkan setiap orang mampu dan dapat menciptakan berbagai identitas dirinya secara tak terbatas. 

Hakikat identitas masih ada jika masih ada perbedaan yang membedakan seseorang dengan seorang yang lainnya. Apabila kita berada pada era di mana setiap orang dapat menjadi setiap orang lainnya, maka kita berada dalam kondisi di mana perbedaan telah sirna, yang berarti matinya identitas. Sebagaimana yang dilansir pada jurnal sosioteknologi, yang ada di dalam cyberspace adalah permainan identitas, yang di dalamnya setiap orang dapat membelah pribadinya menjadi pribadi yang tak terhingga.

Perubahan yang kedua pada tingkat interaksi antar individu. Hakikat cyberspace adalah dunia virtual yang berhubungan dengan web dan connection yang menciptakan relasi-relasi virtual. Hungan yang terjalin di dalam cyberspace bukan merupakan hubungan fisik dalam territorial tertentu, melainkan relasi virtual deterritorialisation.

Relasi sosial jarak jauh ini berimplikasi secara luas , termasuk hubungan komunikasi sosial. komunikasi sosial yang diciptakan cyberspace ini dibentuk oleh peran citra di dalamnya. Sebagaimana yang telah dikatakan Habermas dalam karyanya The theory of communicative action, mengatakan sebuah situasi komunikasi ideal, berdasarkan sarana, relasi sosial dan aktor yang terlibat yang dapat mendorong adanya tindakan rasional.

Ketiga pada tingkat komunitas, terciptanya komunitas virtual yang menempati suatu wilayah tertentu. Wilayah di sini berbeda dengan wilayah yang ada pada komunitas konvensional, wilayah komunitas virtual tertuang pada bit-bit komputer.

Howard Rheingold komunitas imajiner adalah suatu model komunitas demokratik dan terbuka yang tercipta dari adanya cyberspace. Karena berada pada wilayah yang bukan teritorial nyata, ada persoalan yang muncul mengenai persoalan normative, pengaturan dan kontrol. Pemimpin, aturan main dan control yang ada di cyberspace bukanlah berbentuk lembaga pada umumnya. Setiap anggota seakan-akan menjadi pemimpin, pengontrol dan penilai teradap dirinya sendiri.

Dilain sisi datangnya cyberspace memberikan manfaat tersendiri berdasarkan fitur yang ada di dalamnya. Dengan kata lain ada beberapa manfaat yang timbul dari adanya cyberspace. Munculnya cyberspace dapat menghubungkan orang dengan komputer. Contohnya remote connections yang dapat digunakan untuk pengecekan terhadap sekian banyak server yang tersebar di wilayah yang telah menerima masuknya cyberspace ini.

Cyberspace memudahkan jalinan komunikasi antar individu dengan jarak yang jauh. Adanya fitur yang dapat digunakan dalam hal itu, contohnya dalam hal surat-menyurat ada yang namanya email. Selain itu cyberspce menghubungkan orang dengan profesional bidang tertentu. Contohnya, pada bidang kedokteran para dokter di era sekarang dapat melakukan diagnosis kepada pasiennya dari jarak jauh dengan menggunakan media internet. Berbeda dengan jaman dulu yang harus dengan bertatap muka antara pasien dengan dokter.

Pada bidang ekonomi, aplikasi software yang digunakan untuk mempermudah transaksi jual beli salah satunya adalah shoope,yang di dalam aplikasi tersebut ada bermacam-macam barang yang dapat dipilih pembeli sesuai selera tanpa datang di toko.

Selain manfaat ada juga kejahatan yang terjadi di dalam cyberspace, kejahatan di dunia maya ini dinamakan cybercrime. Ada banyak macam kejahatan yang bisa saja terjadi, salah satunya adalah unauthorized acces, yaitu kejahatan yang terjadi ketika seorang memasuki dan menyusup dalam suatu sistem jaringan komputer secara tidak sah, tanpa izin dan sepengetahuan dari pemilik sistem jaringan komputer yang dimasuki.

Yang kedua, cyber espionage, sabotage dan exortion. Cyber espionage merupakan sebuah kejahatan dengan cara memanfaatkan jaringan internet untuk melakukan kegiatan mata-mata terhadap pihak lain, dengan memasuki sistem jaringan komputer pihak sasaran. Sabotage dan exortion merupakan jenis kejahatan yang dilakukan dengan membuat gangguan perusakan atau penghancuran terhadap suatu data program komputer atau sistem jaringan komputer yang terhubung dengan internet.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun