Mohon tunggu...
Khoir
Khoir Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Pembudidaya Ikan

hobi menulis tentang ikan

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Hobi Pelihara Ayam yang Tertunda

7 Oktober 2023   13:36 Diperbarui: 7 Oktober 2023   13:56 234
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
gambar ayam bangkok. sumber :  dokpri

Pengalaman pribadi saya  tentang Hobi pelihara ayam, namanya hobi ya senang, suka dan menikmati segala proses yang berjalan, saya akui dari saya Sekolah Dasar sudah sangat senang memelihara ayam, khususnya ayam Bangkok, yang mempunyai postur tubuh tinggi, tegak, besar dan pandangan tajam seperti burung elang,  ayam ini menyenangkan jika dilihat dan di pelihara di rumah. Sudah dari kecil saya sangat hobi memelihara ayam Bangkok, tepatnya sekitar usia kelas 5 Sekolah Dasar pada Tahun 1998, ayam yang di pelihara biasanya ayam Bangkok berusia anakan yang memang lucu dan masih berbulu jarum.

Pada tanggal 6 september 2023 ada keinginan untuk memelihara ayam jenis Bangkok yang mempunyai perawakan gagah dan tegak, maka mulailah untuk mengecek ayam di komunitas media sosial di handphone, kemudian ada yang menawarkan ayam jago bangkok berwarna hitam,  Cuma ada minusnya yaitu mata sebelahnya tidak kelihatan, tetapi dengan melihat  warna dan badannya yang menarik, gagah dan kuat maka saya ajukan penawaran untuk ayam tersebut yang di banderol dengan harga Rp. 200.000 saya tawar seharga Rp. 150.000, awalnya penjual tidak mau memberikan ayam tersebut namun beberapa jam kemudian akhir nya penjual ayam pun mau memberikan ayamnya dengan harga yang saya ajukan, saya datangi penjual ayam tersebut yang lokasinya sekitar 5 km dari lokasi saya, komunikasi inten pun berlanjut sampai bertemu di lokasi Bapak yang menjual ayam, ketika melihat ayam dilokasi maka langsung saya bungkus ayam itu menggunakan karung.

Setelah ayam terbeli akhirnya proses merawat Ayam dipikirkan, karena tidak punya kandang baru maka kandang lama terfungsikan karena sempat punya kandang ayam dua biji dengan kapasitas masing-masing kandang  hanya untuk satu ayam. Setiap pagi ayam di rawat, dengan cara memberi makan dan minum,  pakan untuk ayam jago ini yaitu biji jagung dan por ayam. Setiap pagi ayam diberikan pakan akan tetapi hanya sedikit yang dimakan, ayam lebih suka makan jagung sambil makan rumput karena terkadang ayam saya letakkan di halaman belakang yang mempunyai rumput-rumput yang subur.

Pada tanggal 6 september tahun 2023 tepat satu bulan kemudian Ayam dijual karena beberapa hal, saya jual dengan cara saya posting di media sosial dengan harga Rp. 80.000 , tentu harga segitu merupakan harga yang sangat murah, karena saya posting dibawah harga pasar banyak para penghobi ayam pun chat secara pribadi tetapi saya jawab salah satu pembeli yang kemudian akan di cek ketika sore hari, tetapi yang bersangkutan pada saat waktu sore sesuai janji tidak datang, maka saya posting lagi di media sosial dan pada akhirnya ada yang tertarik, setelah 44 menit setelah posting kedua ayam pun terjual, sangat berat  untuk melepas ayam yang selalu menemani pagi, siang dan sore. ayam yang selalu berkokok dengan suara khas nya yaitu besar, gagah dan kuat,

Semoga suatu saat bisa memelihara ayam yang merupakan hobi yang tetunda, memelhara ayam jago jenis Bangkok dengan babon (betina) yang pada akhirnya bisa beranak pinak dan bisa jual beli ayam bangkok anakan yang mempunyai kualitas super yang kuat, gagah dan sehat. Demikian, Terimakasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun