Dalam beberapa tahun terakhir, tren kopitiam telah bertransformasi secara luar biasa. Warung kopi lawas asal Malaysia-Singapura ini meluas melalui berbagai platform digital yang kini telah melekat dalam kehidupan manusia. Fenomena ini tidak hanya menciptakan gelombang minat baru terhadap kopitiam melainkan juga menjadi dorongan generasi muda untuk masuk dalam dunia bisnis.
Kopitiam kini tidak lagi menjadi bisnis yang dimiliki, dikelola, dan dinikmati hanya oleh generasi tua. Namun, keberadaan media digital memperluas pangsa pasar kopitiam menjadi lebih besar. Melalui adanya tren dalam media digital seperti Instagram dan TikTok, kopitiam dapat dengan mudah meningkatkan eksposur merek mereka kepada khalayak global. Hal itulah memberi ide pada para generasi muda bahwa kopitiam dapat menjadi peluang bisnis.
Viralitas konten terkait dengan kopitiam yang paling menarik perhatian generasi Z adalah foto-foto estetik tentang sajian kopi, makanan, desain interior, serta lagu-lagu yang terputar. Elemen perhatian tersebut benar-benar dapat menjadi alasan generasi Z untuk terus mengeksplorasi kopitiam baru. Terbukti, di Indonesia telah menjamur berbagai kopitiam kecil hingga besar, yang lokasinya natural dari bekas bangunan lama maupun secara sengaja dibuat menyerupai kopitiam lawas. Eksplorasi yang dilakukan tidak hanya menuntun generasi muda menjadi konsumen yang setia, tetapi juga mendorong langkah berani dengan berbisnis kopitiam sendiri.
Disisi lain, terdapat nilai-nilai dasar yang terkandung dalam konsep kopitiam. Kopitiam bukan hanya tentang kopi dan makanan, melainkan juga tentang memelihara hubungan sosial dan merayakan kebersamaan. Pengalaman yang autentik dan berarti ini turut memotivasi generasi muda untuk berbisnis kopitiam. Berharap dengan hadirnya kopitiam baru dapat memberikan memori mendalam mengenai arti sebuah kebersamaan.
Namun, meskipun peluang bisnis kopitiam di era digital ini terbuka lebar, tantangan juga tidak dapat diabaikan. Persaingan yang kuat dan cepatnya perubahan tren perlu diperhatikan oleh para calon generasi muda yang akan mengambil langkah berani berbisnis kopitiam. Tetapi dengan dedikasi dan semangat yang tinggi, kesempatan untuk sukses dalam bisnis kopitiam di era digital tidak dapat dihindari dan sangatlah nyata. Secara keseluruhan, keviralan kopitiam melalui media digital telah mengubah wajah industri kopi dan melahirkan motivasi baru pada generasi muda untuk menjelajahi dunia bisnis.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H