Undip 2022/2023 Abram Wicaksono Adhi Mahasiswa dari jurusan Informasi dan Hubungan Masyarakat, melaksanakan kegiatan Membranding UMKM Tahu Pak Durosik, salah satu masyarakat Desa pagejugan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan segala sektor dalam berjalannya UMKM tersebut.
Brebes, 23 Juli 2023- Pada Minggu, 23 Juli 2023, tim II KKNKegiatan dilaksanakan di kediaman Pak Durosik, yang juga merupakan tempat usaha dari UMKM makanan ringan yang dikenal dengan nama "Tahu Murni Pak Durosik". Sebelumnya, telah dilakukan survei selama beberapa hari dan menemukan beberapa permasalahan yang dihadapi oleh UMKM ini.Â
Salah satunya adalah pemasaran yang masih terbatas hanya pada tetangga rumah, warga sekitar dan orang-orang yang sudah mengenal pemilik UMKM. Selain itu, UMKM ini juga belum memiliki logo yang terdaftar secara paten, sehingga perlu adanya desain logo yang sesuai dan memiliki filosofi mengenai UMKM tersebut, Selain itu. UMKM tersebut belum memanfaatkan platform media sosial untuk pemasaran yang lebih luas, seperti mencakup konsumen diluar daerah dan yang tidak mengenal UMKM tersebut.
Dalam rangka meningkatkan pemasaran dan brand awareness UMKM "Tahu Murni Pak Durosik:, dilaksanakan pula beberapa kegiatan branding yang lebih lanjut seperti, dilakukannya pembuatan logo UMKM dengan desain yang menarik, sederhana dan mencerminkan filosofi khas dari UMKM "Tahu Murni Pak Durosik". Logo ini diharapkan dapat menjadi identitas yang kuat bagi UMKM tersebut.
Kemudian, dilakukan juga membuat Video Produksi UMKM "Tahu Murni Pak Durosik" untuk memperkenalkan secara visual produk dan keunikan dari UMKM tersebut. Video ini diharapkan dapat menjadi alat pemasaran yang efektif dan menarik minat lebih banyak konsumen.
Selanjutnya, dilakukan pembuatan Foto Produk UMKM "Tahu Desa Pagejugan" dengan kualitas dan estetika yang sesuai dengan standar pemasaran. Foto-foto ini akan digunakan untuk promosi di berbagai media, baik online maupun offline. Kemudian, dilakukannya pembuatan Media Sosial UMKM "Tahu Murni Pak Durosik" sesuai dengan kondisi dan situasi dari UMKM tersebut.
 Dengan adanya media sosial, UMKM ini dapat lebih mudah berkomunikasi dengan konsumen, menjangkau pasar yang lebih luas, dan meningkatkan kehadiran digitalnya. Melalui kegiatan branding ini, diharapkan UMKM "Tahu Murni Pak Durosik" dapat meningkatkan pemasaran produknya, mendapatkan pengakuan yang lebih luas, dan berkontribusi positif dalam pengembangan sektor UMKM di Desa PagejuganÂ
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H