Dimas Ari Milu Pamungkas
Dimas Ari Milu Pamungkas Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Prodi Ilmu Hukum S1 Universitas Pamulang

Tetap Fokus Dan Salam Lestari

Hobby

Puncak Sejati Gunung Sumbing 3371 mdpl

30 November 2023   09:39 Diperbarui: 30 November 2023   09:50 485
Foto : Puncak Sejati Gunung Sumbing (Dokumen  Pribadi)

Halo Sobat Alam...

Kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya saat mendaki Gunung Sumbing, Gunung Sumbing terdapat beberapa jalur pendakian salah satunya via Desa Butuh Kaliangkrik Magelang. kebetulan saya mendaki Gunung Sumbing via Kaliangkrik. Apabila sobat Alam ingin berkunjung ke Gunung Sumbing Via Kaliangkrik Sobat Alam dapat turun di Magelang atau di Wonosobo, kebetulan saya turun di terminal Wonosobo, sesampainya di Terminal Wonosobo kami melanjutkan perjalanan dengan angkutan mini. dari Terminal menuju basecamp kurang lebih saya tempuh 2 jam. Sesampainya di Desa butuh saya pun melanjutkan dengan berjalan kaki, sesampainya di Basecamp saya pun langsung melapor ke petugas basecamp dan persiapan untuk mendaki. setelah selesai sarapan dan menyiapkan peralatan saya pun bergegas menuju jalur pendakian. dari basecamp sampai Pos 1 saya lalui kurang lebih 2 jam dengan jalan santai dan sembari menikmati indahnya pemandangan Gunung Sumbing.  Di Pos 1 ini masih dijumpai warung makan dan mata air, saya pun beristirahat sejenak sembari melemaskan otot.

Setelah beberapa saat saya pun melanjutkan ke Pos 2, dari Pos 1 ke Pos 2 saya tempuh kurang lebih 2 jam, di Pos 2 ini ada Shelter untuk para pendaki beristirahat. saya pun melanjutkan kembali perjalanan, dari Pos 2 ke Pos 3 kondisi jalan terbilang landai karna tanjakan sedikit, beberapa kali saya melewati jalur sungai yang kering. konon sungai ini akan mengalir apabila turun hujan, setelah 2 jam perjalanan akhirnya saya pun sampai di Pos 3 dan saya pun mendirikan tenda di Pos 3. setelah buka tenda saya pun memasak mie rebus dan teh hangat, di Gunung paling simpel yaitu makan mie rebus. setelah selesai makan saya pun beristirahat untuk persiapan besok pagi melanjutkan perjalanan menuju puncak.

Pukul 03:30 Wib Alarm pun berbunyi dan saya bergegas bangun mempersiapkan diri untuk melanjutkan perjalanan ke puncak. Pukul 04:00 Wib saya memulai perjalanan ke puncak, setelah beberapa jam akhirnya saya pun sampai di Puncak Sejati Gunung Sumbing 3371 mdpl. tak bosan bosan mata ini memandang keindahan alam di sekitar Gunung Sumbing, beberapa Gunung tampak kecil sejauh mata memandang. Demikian cerita pengalaman saya saat mendaki Gunung Sumbing, Semoga bermanfaat untuk kita semua, Tetap Fokus dan Salam Lestari.