Penulis: Muhamad Abid S.E., M.M.
Sebagai: Dosen Universitas Pamulang, Praktisi HR
Peran pemimpin di dalam suatu organisasi sangatlah penting, dimana seorang pemimpin bertanggung jawab dalam mencapai tujuan organisasi, dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya tersebut tentunya seorang pemimpin tidak bisa bekerja sendiri melainkan membutuhkan tim, yaitu sekumpulan orang yang ada di bawah kepemimpinan dengan tugas dan tanggung jawab berbeda-beda untuk mencapai tujuan organisasi.
Pemimpin adalah seseorang yang mempunyai pengaruh atau mempunyai kemampuan mempengaruhi orang lain untuk mencapai tujuan organisasi, pengaruh yang diberikan oleh seorang pemimpin tujuan utamanya adalah untuk dapat menciptakan, membentuk atau merubah perilaku orang-orang yang ada di bawah kepemimpinan sehingga perilaku orang-orang tersebut mengarah pada tujuan yang ingin dicapai.
Perilaku setiap orang yang ada di dalam organisasi tentunya berbeda-beda, perbedaan ini terjadi karena memang hakikatnya setiap orang berbeda, setiap orang memiliki latar belakang keluarga, pendidikan dan lingkungan sosial yang berbeda, hal itulah yang membentuk perbedaan perilaku orang-orang di dalam organisasi.
Perilaku organisasi lahir untuk menjawab atau menjadi solusi dari perbedaan-perbedaan yang ada, perilaku organisasi adalah disiplin ilmu yang mempelajari perilaku individu dan perilaku kelompok di dalam suatu organisasi serta dampaknya terhadap tujuan organisasi.
Dua poin penting yang dapat kita pahami dari pengertian tersebut bahwa di dalam perilaku organisasi ada dua perilaku yang harus diperhatikan yaitu perilaku individu dan perilaku kelompok, apabila baik perilaku individu dan baik pula perilaku kelompok maka dipastikan akan memberikan dampak yang baik bagi organisasi namun apabila yang terjadi adalah sebaliknya maka dampak buruklah yang akan dirasakan oleh organisasi.
Perilaku organisasi juga dapat dipahami sebagai suatu cara berpikir untuk memahami dan menyelesaikan persoalan-persoalan di dalam sebuah organisasi, seseorang akan menjelaskan apa yang ditemukan dalam tingkah laku individu atau kelompok dalam organisasi serta tindakan atau solusi yang diperlukan.
Ruang lingkup perilaku organisasi secara umum ada tiga diantaranya yang pertama adalah perilaku individu merupakan studi tentang kepribadian individu, pembelajaran, sikap, motivasi, dan kepuasan kerja seseorang di dalam organisasi, kemudian yang kedua perilaku antar individu merupakan studi yang dilakukan melalui komunikasi antara individu dalam organisasi (baik antar sesama karyawan yang setingkat maupun dengan atasan dan bawahan), pemahaman atas kualitas kepemimpinan orang, dinamika kelompok, konflik kelompok, kekuasaan dan politik di dalam organisasi, kemudian yang ketiga perilaku kelompok merupakan studi tentang pembentukan organisasi, struktur organisasi, dan efektivitas organisasi serta upaya-upaya kelompok yang dilakukan untuk mencapai tujuan organisasinya.
Pemimpin dalam organisasi harus mampu memahami perilaku-perilaku individu yang ada didalam organisasi kemudian memahami perilaku kelompok yang ada agar pemimpin dapat memberikan pengaruh yang tepat guna tercapainya tujuan organisasi. tercapainya tujuan organisasi sangat ditentukan oleh kemampuan pemimpin dalam memahami perilaku anggotanya.