Mohon tunggu...
Moch Roub Abidin
Moch Roub Abidin Mohon Tunggu... Operator - Mahasiswa

Saya memiliki rasa percaya diri, jiwa yang kuat, komunikasi yang baik, dan cepat belajar dengan hal baru yang mampu bekerja sebagai individu maupun tim.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN Untag Surabaya dalam Pengembangan Digital Marketing UMKM

18 Desember 2022   08:09 Diperbarui: 18 Desember 2022   08:34 280
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 1. Proses Pembukaan KKN UNTAG Di RW 2 Medokan Semampir Surabaya/dokpri

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu. 

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi di Indonesia telah mewajibkan setiap perguruan tinggi untuk melaksanakan KKN sebagai kegiatan intrakurikuler yang memadukan tri dharma perguruan tinggi yaitu: pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Maka dari itu Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya menyelenggarakan kegiatan KKN dengan tema "Penguatan Ikon Kampung Wisata Surabaya".

Gambar 2. Proses Sosialisasi UMKM/dokpri
Gambar 2. Proses Sosialisasi UMKM/dokpri

Pada program kerja yang dilakukan oleh salah satu mahasiswa UNTAG Surabaya, Moch Roub Abidin mahasiswa jurusan Teknik Mesin melaksanakan kegiatan KKN selama 12 hari di RW 2 Medokan Semampir Surabaya, dengan didampingi oleh Ibu Mirza Fathima Jauhar Kamalia, S.hum., M.hum selaku dosen pembimbing lapangan UNTAG Surabaya. 

Program yang dilakukan adalah membantu mengembangkan UMKM dalam Pengembangan digital marketing, diantaranya permasalahan UMKM seperti kurangnya logo, menata dalam pemasaran produk di media sosial, dan kurangnya profil  website UMKM yang ada di RW 2 Medokan Semampir Surabaya. 

Tujuan dari kegiatan ini yakni untuk membantu mitra dalam mengembangkan dan memperluas jangkauan pejualan di era digital dan teknologi seperti saat ini. Dengan harapkan para mitra UMKM RW 2 Medokan Semampir Surabaya bisa bersaing lebih maju.

Gambar 3. Proses pembuatan Logo UMKM/dokpri
Gambar 3. Proses pembuatan Logo UMKM/dokpri

Melalui program kerja yang telah dilakukan oleh Moch Roub Abidin selama 12 hari mulai dari tanggal 12 November hingga 18 Desember di RW 2 Medokan Semampir Surabaya. 

Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi, melalui media social seperti Instagram, Facebook dan website. Produk yang dijual akan menjadi lebih dikenal oleh masyarakat. Selain itu, dengan semakin dikenalnya produk, maka penjualan akan lebih meningkat dan juga usaha semakin berkembang.

Website link profil UMKM RW 2 Medokan Semampir https://medokansemampirrw02.github.io/profil

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun