Mohon tunggu...
Vita AbidahRahmawati
Vita AbidahRahmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa PGPAUD Universitas Negeri MALANG

-

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Strategi Inovatif "B Your B" Sebagai Langkah Dalam Mempromosikan Produk "Lumin" Guna Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Dan UMKM Baru di Daerah Batu

29 November 2024   20:01 Diperbarui: 29 November 2024   20:11 44
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Survey UMKM Lumpur Mini di Batu

Malang, 29 November 2024 -- Mahasiswa Universitas Negeri Malang melalui tugas proyek mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan berhasil mempromosikan produk UMKM lokal, kue lumpur mini "Lumin," dengan menerapkan strategi inovatif bernama "B Your B" (Boost Your Business). Kelompok ini membantu pemasaran produk dengan fokus pada promosi melalui metode digital menggunakan media sosial dan interaksi langsung di acara Car Free Day Malang.

Foto Produk UMKM Kue Lumpur Mini
Foto Produk UMKM Kue Lumpur Mini

Foto 1 Penjualan Produk
Foto 1 Penjualan Produk "Lumin" di CFD Ijen Kota Malang

Foto 2 Penjualan Produk
Foto 2 Penjualan Produk "Lumin" di CFD Ijen Kota Malang

Tingginya persaingan di dunia UMKM, terutama dalam mengadopsi teknologi digital dan memperluas pemasaran produk, mendorong kelompok untuk merancang strategi promosi kreatif bagi UMKM baru yang belum lama di rintis. Dengan memadukan teknologi digital dan pemasaran langsung kepada konsumen, strategi ini diharapkan mampu meningkatkan daya jual sekaligus memperluas jangkauan pasar produk. Sejalan dengan apa yang telah dijelaskan sebelumnya, tujuan kelompok dalam projek ini adalah untuk mengidentifikasi dan menerapkan stategi inovatif "B Your B" sebagai Langkah efektif dalam mempromosikan produk UMKM Lumin yang ada di Kota Batu. Strategi ini dirancang untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap produk lokal, memperluas jangkauan pasar, serta mendorong peningkatan pemasaran pada masyarakat luas.

Selain memberikan solusi inovatif dalam memasarkan produk melalui media online dan offline, kelompok juga menghasilkan keluaran berupa desain baru untuk mendukung identitas produk. Keluaran ini mencakup stiker dan banner yang dirancang khusus untuk membranding produk "Lumin," sehingga lebih menarik dan mudah dikenali oleh konsumen. Strategi yang diterapkan pun membuahkan hasil yang menggembirakan, di mana total penjualan saat membuka pre-order (PO) terbukti lebih tinggi dibandingkan dengan penjualan pada hari-hari biasa.

Foto Stiker Logo Lumin
Foto Stiker Logo Lumin

Foto Penyerahan Benner UMKM Lumpur Mini
Foto Penyerahan Benner UMKM Lumpur Mini

Foto Pamflet Open Pre Order Penjualan Online Produk Lumpur Mini
Foto Pamflet Open Pre Order Penjualan Online Produk Lumpur Mini
Program ini tidak hanya membantu UMKM "Lumin" untuk berkembang, tetapi juga mendukung tema dari mata kuliah projek kali yaitu pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs), khususnya dalam menciptakan pekerjaan layak dan mendukung pertumbuhan ekonomi. Kelompok berharap kegiatan ini menjadi inspirasi bagi UMKM lain untuk berinovasi dalam menghadapi tantangan digital.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun