Mohon tunggu...
Abi Callysta
Abi Callysta Mohon Tunggu... karyawan swasta -

Seorang Pemula Yang Ingin Belajar Menulis

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Pramugari Komplit

24 November 2014   07:31 Diperbarui: 17 Juni 2015   17:01 204
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

PRAMUGARI KOMPLET

Iklan Garuda Indonesia memperkenalkan Kelas Eksekutifnya, yang cukup gencar, tampaknya mulai menampakkan hasil. Ini mungkin akan membesarkan semangat Garuda yang belasan tahun tidak “percaya” pada iklan. Dalam penerbangan Jakarta—London, minggu lalu, kursi-kursi Kelas Eksekutifnya hampir penuh, “Ada kemajuan,” kata seorang penumpang menyatakan kepuasaan. Mejanya diberi taplak kain putih sebelum makanan dihidangkan. ini sebetulnya merupakan ciri Kelas Utama pada perbangan lain. Penumpang jurusan Singapura diberi hadiah teh celup kotak.

Tetapi, layanan par excellence masih jauh dan jangkauan. Artinya, ruang untuk perbaikan masih terbuka lebar. Masih banyak hal yang dapat dan bisa dilakukan Garuda untuk meningkatkan daya saing intemasional Di antara negara-negara ASEAN saja Garuda Indonesia harus bersaing keras dengan reputasi layanan Singapore Airlines dan Thai. SIA bahkan sudah termasuk Top-10 maskapai penerbangan dunia.
Apa, sih, kiatnya SIA? Minggu lalu, dalam Kongres Produktivitas Nasional singapura, Direktur Komersial SIA, Michael Tan, tanpa ragu-ragu menyebutkan resepnya. Salah satu contoh: peraturan internasional mengatakan bahwa sebuah B-747 memerlukan 16 pramugari. SIA menemkan 18 pramugari. Lho, itu ‘kan tidak produktif? Michael tersenyum. Untuk mutu layanan yang lebih tinggi, kita memang memerlukan lebih banyak orang,” katanya.

Dalam ilkan-iklannya pun SIA tak canggung mengagulkan pramugari “Soalnya, untuk mendapatkan mereka saja tak mudah,” kata Michael. Jelas, mereka harus cantik, ramping, dan padat. Tetapi, ada dua kriteria lain yang justru sering absen pada gadis-gadis cantik: antusiasme hadap kerja dan kepedulian terhadap orang lain. Pramugari SIA tidak hanya manis kepada penumpangnya, tapi mereka juga manis kepada sesama awak kabin.

Selama tiga bulan gadis-gadis SIA dilatih tentang segala aspek pelayanan, termasuk menampilkan diri secara akrab — tetapi tidak genit — tengah khalayak penumpang. Secara khusus mereka juga dilatih untuk membantu menyenangkan perjalanan orang tua, ibu hamil, ibu ynga. membawa anak, orang yang sakit, dan anak-anak. Di SIA, orang-orang seperti itu memang harus “dimanjakan” secara khusus.

Pendidikan bisnis selama tiga bulan itu ternyata belum cukup. Setelah berdinas beberapa bulan, setiap awak kabin harus lagi mengikuti latihan wajib selama dua bulan untuk diperkenalkan pada aspek-aspek pelayanan darat. “ini membuat mereka menjadi pramugari komplet,” kata Michael Komplet dalam arti mampu menjawab semua pertanyaan penumpang dalam segala aspek layanan jasa penerbangan. Setiap karyawan setiap tahun sedikitnya harus mengikuti satu kali pendidikan tambahan. Untuk itu, SIA menganggarkan Rp 15 milyar setahun.

Hal lain yang merupakan ciri menonjol dalam layanan SIA adalah kebersihan pesawat, baik luar maupun dalam. ini pun temyata pun rahasia, selain kenyataan bahwa memang pesawat-pesawat mereka lebih baru. SIA menerapkan program yang dinamakan Aircraft Adoption Pro grai Setiap pesawat diadopsi oleh satu tim yang terdiri atas 5—6 orang staf SIA dari berbagai bidang kedinasan. Para bapak dan ibu angkat pesawat ii boleh datang setiap saat untuk memeriksa dan menjenguk “anak angkat’ nya. Mereka bertanggung jawab langsung kepada pimpinan puncak akan kebersihan pesawat.

Tentang ketepatan waktu pun SIA punya kiat tersendiri. Setiap keberangkatan dan kedatangan dicatat dalam komputer SIA yang kabarnnya merupakan instalasi terbesar di Asia Tenggara. Keluarnya kopor yang pertama dan terakhir dan setiap penerbangan pun dimonitor dan dicatat dalam komputer. Dua kali dalam seminggu sebuah komite yang terdiri atas para pimpinan puncak akan secara khusus membahas setiap bentuk keterlambatan dan langsung mengambil tindakan.

Di SIA pun berlaku sebuah program yang disebut customer awareness program. Program ini dilandaskan pada konsep yang sederhana: you before me. Kedengarannya gampang, tetapi pada kenyataannya diperlukan pengabdian yang luar biasa untuk melaksanakannya.

Toh, ada saja penumpang yang belum puas. Tiap dua minggu SIA memproses 6.000 kuesioner yang diisi oleh para penumpang. Setiap keluhan dan pengaduan dibaca oleh pimpinan puncak. “We are very religious in treating complaints,” kata Michael.

Setop dulu di sini. Ini memang bukan ode atau lagu pujian bagi SIA. Bagaimanapun, kita semua merasa memiliki Garuda Indonesia. Kita semua prihatin akan apa yang teriadi pada Garuda Indonesia. Kita semua melihat kemajuan bisnis dan peningkatan mutu layanan Garuda Indonesia Bahwa kita semua masih setia terbang dengan Garuda hanyalah menunjukkan kemauan kita untuk mengurangi kenyamanan dan harapan Masalahnya sekarang, apakah Garuda juga merasa memiiki kita. Dan peduli akan harapan kita?

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun