Mohon tunggu...
Ahmad Fauzi
Ahmad Fauzi Mohon Tunggu... -

biasa aja

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Menonton Berita Islami Masa Kini di Trans TV

12 Juni 2014   19:08 Diperbarui: 20 Juni 2015   04:03 47
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hiburan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Berita Islami Masa Kini (atau yang lebih dikenal dengan Beriman) adalah salah satu acara yang masih terbilang baru di Trans TV. Acara ini cukup mengobati kekecewaan saya kepada Trans TV yang masih menayangkan acara YKS. Dan, hampir setiap sore acara ini menjadi salah satu acara favorit saya ketika di rumah. Acara ini dibawakan oleh Teuku Wisnu dan Zaskia Adya Mecca (dulu Zee Zee Shahab)

Langsung saja, saya akan memberi penilaian saya pada acara ini:

Pertama, kurang nyambung antara judul dan isi acara. Jujur, ketika melihat iklan acara ini. Saya kira akan melihat republika versi TV. Dimana berita-berita yang berhubungan dengan islam akan disajikan di sini. Misalkan, tentang hijab yang sedang tren saat ini. Atau mungkin tentang RUU jaminan produk halal dll. Tapi, ternyata acara ini tak jauh beda dengan khazanah di Trans 7 atau Mozaik Islam yang dulu tayang di Trans TV sendiri.

Bedanya, mungkin karena ada pembawa acaranya saja. Sebenarnya, acara ini memang bermanfaat. Tapi, akan lebih bagus jika dikemas dengan lebih menarik dan beragam. Jadi, penonton tidak bosan, soalnya kan acara dengan format seperti ini cukup banyak. Misalkan, tentang tips-tips berhijab. Kehidupan umat muslim di luar negeri,trik-trik supaya puasa lancar atau mesjid-mesjid indah di dunia?

Kedua, saya agak terganggu dengan Teuku Wisnu sebagai presenter. Karena, kadang-kadang dia lebih mirip seperti ustad yang ngasih ceramah. Daripada pembawa acara. Misalkan, bagi yang suka nonton gosip (saya jarang nonton gosip sebenarnya). Pasti, tahu bagaimana si presenter membawa acara. Kadang mereka berpura-pura tidak tahu, seperti:

“Eh, kamu tahu gak artis ini ternyata punya panci baru lho....”

“Eh, iya? Masa? Aku kok gak tahu.”

“Kamu mau tahu?”

“Iya.”

“Nih, aku kasih liputannya.”

Nah, kayak gitu. Tapi, Wisnu sama Zaskia (meski, Zaskia gak terlalu kaku) tapi masih kelihatan kaku. Misalkan, ada pembahasan tentang zakat. Bisa dengan dialog seperti ini:

“Wisnu, aku mau bayar zakat nih. Tapi, aku bingung sama aturan-aturannya.”

“Emang, kamu mau bayar zakat apa?”

“Zakat fitrah”

“Kalo zakat yang lain udah belom?”

“Lo, emang ada zakat-zakat lain juga, ya?”

“Ada dong, nih aku kasih liputannya.”

Lebih, enak kan? Jadi, gak terlalu kaku. Ini bukan tentang yang dibawakan acara islam atau bukan. Tapi, bagaimana membawakannya. Tapi, saya pribadi tetap memberi apresiasi pada keduanya yang sekarang jauh lebih baik dari dulu. Dan, semoga kedepannya jauh lebih bagus lagi.

Ketiga, adalah harapan saya pada Trans TV untuk terus mempertahankan acara ini. Dan, tetap mengupayakan inovasi-inovasi baru agar bisa bertahan selama mungin. Ingat On the Spot? Acara ini dulu biasa saja, tapi dengan berbagai inovasi. Sekarang menjadi acara kebanggan Trans 7. Semoga TV-TV lain juga mau memberikan tayangan dengan kualitas baik, daripada nonton sinetron plagiat yang beribu-ribu episode.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun