Jaim atau jaga imej sering dimunculkan ketika seseorang merasa punya gengsi atau harga diri lebih tinggi dari rata-rata kebanyakan orang....
Tetapi siang ini saya mendapatkan pelajaran yang sangat baik dari seorang "owner" Bakmi Agoan di Puri Indah.Â
Karena jalan di depan restoran-nya tergenang air sehingga membuat calon pembeli yang pakai mobil enggan turun dari mobilnya...Dan daripada putar balik tidak jadi makan di restoran bakminya....Si "Owner" rela menjadi sopir "valet parking" agar "customer"nya tetap bisa menikmati bakminya....Konsumennya dipersilahkan turun dari mobil dengan pertolongan papan hingga sampai ke tangga restorannya. Kemudian si Boss memarkirkan mobilnya...Â
Waktu itu saya berpikir mungkin si "engkoh" ini memang yang disuruh oleh pemilik Bakmi "Agoan" melakukan tugas seperti itu. Tetapi ketika saya bertanya sama pegawai2nya,jawabannya sungguh mengejutkan..."Itu boss-nya...!" Hah...!
Inilah pebisnis hebat yang harus ditiru oleh siapapun. Saya banyak melihat para manajer,direktur2 di perusahaan2 bergaya "boss" walau dirinya sebenarnya pegawai saja...Suka menyuruh-nyuruh kayak mandor dan berdasi hanya buat nampang doang....
Belajarlah dari "the real boss" ini....! Salut...!
Â
Jakarta,20 Agustus 2016
ABK
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H