Instagram merupakan salah satu media sosial (medsos) terpopuler di dunia, maka dari itu, banyak marketer yang memaksimalkan Instagram sebagai media berjualan atau menjaga hubungan dengan audiens.
Selain digunakan untuk berkomunikasi, fitur posting foto atau story Instagram bisa dimanfaatkan untuk menarik perhatian target audiens, oleh karenanya, posting foto produk di Instagram bisa meningkatkan konversi penjualan atau engagement jika dilakukan dengan tepat dan cepat.
Maka dari itu saya akan memberikan lima tips untuk memaksimalkan foto produk di Instagram yang bisa anda lakukan.
- Berikan nilai kontekstualÂ
Foto produk yang memiliki nilai konstektual memungkinkan calon konsumen membayangkan produk yang akan dibeli hanya dari melihat fotonya saja, maka dari itu. Anda bisa membuat foto produk saat sedang digunakan.
Contohnya: foto produk A di buat di ruangan yang dilengkapi dengan perabotan lain, hal ini penting untuk memudahkan calon konsumen membayangkan A tersebut di rumah mereka sendiri.
- Tampilkan sisi terbaik produk
Setiap produk pasti memiliki bagian yang dapat ditonjolkan. Maka dari itu, ambillah foto dari berbagai sudut yang menurut anda bagus untuk di foto dan di lihat konsumen, terutama pada kelebihan dan bagian paling menarik dari produk tersebut.
Contohnya : foto produk pakaian, maka ambillah foto dari jarak dekat untuk memperlihatkan tekstur bahan pakaian yang nyaman. Penggunaan detail bisa membuat audiens terkesan dan membantu audiens membayangkan karakteristik produk.
- Edit foto produk
Foto editing merupakan salah satu cara yang terbaik untuk mempercantik foto produk. Namun, fokuslah untuk memperkuat foto, bukan untuk menghias, apalagi memanipulasi foto. Anda cukup mengedit dengan mengatur kontras dan brightness untuk menajamkan gambar.
Saat ini, foto editing dapat di lakukan dengan mudah melaluin ponsel maupun komputer,dengan menggunakan aplikasi seperti lighroom, vsco dll.
- Buat tema konten yang sesuai dengan brand
Menentukan tema adalah salah satu cara membuat foto produk yang konstektual. Pasalnya, tema bisa membuat produk lebih tampak menyatu dengan benda-benda di sekelilingnya.