Mohon tunggu...
Abdurrofi
Abdurrofi Mohon Tunggu... Ilmuwan - Penyuka Kopi dan Investasi
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Investasi gagasan untuk masa depan

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Perangkat Penangkal Petir Mencegah Rusak Instalasi Kotak Hitam Pesawat

14 Januari 2021   04:20 Diperbarui: 14 Januari 2021   04:29 1156
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber foto :AFP/Albertus

Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 memiliki flight data recorder (FDR) yang menjadi bagian dari kotak hitam (black box). Rusak intalasi ini kemungkinan karena sambaran petir sehingga bagian  Cockpit Voice Recorder (CVR) yang merekam percakapan pilot dan kopilot dalam kokpit pesawat rusak. Selain itu  static discharge atau 'penangkal petir' harus diganti bila mengalami kerusakan. 

Pada badan pesawat di titik petir mengenai pesawat, sayap pesawat dan ekor pesawat akan panasnya suhu petir yang bisa mencapai 50000 F ( 27760 C).  Jika penumpang pernah menaiki pesawat dan merasakan adanya pergantian arus angin secara mendadak, ada kemungkinan pesawat kotak hitam  tersambar petir sebelum jatuh.

Dikutip dari boing.com Probabilitas tertinggi untuk petir lampiran ke pesawat terbang adalah bagian luarnya ekstremitas, seperti ujung sayap, hidung, atau kemudi. Sambaran petir paling sering terjadi sering selama pendakian dan penurunan fase penerbangan di ketinggian 5.000 hingga 15.000 kaki (1.524 hingga 4.572 meter). Kemungkinan sambaran petir menurun secara signifikan di atas 20.000 kaki (6.096 meter).

Pesawat seringan petir berkali-kali saat penerbangan pesawat cuaca buruk. Bagaimana petir menempel pada pesawat terbang Petir dimulai di tepi depan pesawat, yang terionisasi, menciptakan peluang serangan. Arus petir berjalan di sepanjang pesawat dan keluar ke tanah, membentuk sirkuit dengan pesawat antara energi awan dan tanah. 

Lihat gambar dibawah:

sumber foto : boing.com
sumber foto : boing.com

Setelah pesawat tersambar petir pilot akan melaporkan melalui log book pesawat saat mendarat di bandara tujuan. Teknisi perlu melakukan inspeksi menyeluruh untuk melihat kondisi static discharge atau 'penangkal petir' dan kondisi badan pesawat. Static discharge harus diganti bila mengalami kerusakan. 

Dalam memahami  Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 sebagai Pesawat boing komersil harus menghindari penundaan dan gangguan serta mengurangi signifikansi pemogokan. Untuk meningkatkan efektivitas perbaikan kerusakan akibat petir, personel pemeliharaan harus terbiasa dengan tindakan perlindungan petir, yang tepat inspeksi, dan prosedur perbaikan. 

Apakah jenis pesawat Sriwijaya Air  SJ-182 dari Boing dicabut  pelindung petir atau rusak?

Jika iya, pesawat Sriwijaya Air  SJ-182 dari boing dicabut  pelindung petir. Maka pesawat mengalami kendala ketika ia terbang saat cuaca buruk.  Atau pelindung petir rusak dan belum diperbaiki sesuai prosedur perbaikan

Aktivitas petir dapat sangat bervariasi lokasi geografis. Misalnya wilayah laut Indonesia sangat luas mencapai 2/3 bagian dari luas  tersebut merupakan sambaran petir yang dapat mengakibatkan kerugian penerbangan. 

Dalam mekanika pesawat, petir cenderung terjadi paling dekat khatulistiwa karena hangat di wilayah ini berkontribusi pada konveksi, menciptakan badai petir yang menyebar hampir bervariasi, yaitu 0 -- 1.000 mdpal. Kulit logam tidak mencegah semua energi elektromagnetik dari memasuki kabel listrik, itu bisa jaga agar energi tetap pada tingkat yang merusak kotak hitam. 

Bagaimana Memahami alam dan efek sambaran petir pada Sriwijaya Air  SJ-182 ?

Dengan memahami alam dan efek sambaran petir, Boeing bekerja untuk merancang dan menguji pesawat komersialnya untuk perlindungan sambaran petir untuk memastikan perlindungan diberikan di seluruh mereka. Bahan feromagnetik pesawat sj 182 boing sudah lama digunakan Sriwijaya Air selama 26 tahun.

Sebagian besar bagian luar warisan pesawat terbang adalah struktur logam dengan cukup ketebalannya agar tahan terhadap petir menyerang. Perakitan logam ini adalah dasarnya perlindungan. Ketebalan logam permukaannya cukup untuk melindungi pesawat ruang internal dari sambaran petir. Itu kulit logam juga melindungi dari pintu masuk energi elektromagnetik menjadi listrik kabel pesawat.

 Sedangkan kulit logam tidak mencegah semua energi elektromagnetik dari memasuki kabel listrik, itu bisa jaga agar energi tetap pada tingkat yang memuaskan. Dengan memahami alam dan efek sambaran petir, Boeing bekerja untuk merancang dan menguji pesawat komersialnya untuk perlindungan sambaran petir untuk memastikan perlindungan diberikan di seluruh merek a.

Serangan Petir Merusak Pesawat Boing Perlu Perbaikan

sumber foto : boing.com
sumber foto : boing.com
Perbaikan dalam aspek pemeliharaan pesawat terutama pada biaya perbaikan akan semakin mahal jika usia pesawat semakin tua, karena makin banyak perangkat yang harus diganti untuk perbaikan dalam aspek pemeliharaan pesawat di Indonesia.

Indonesia memang idealnya, Indonesia harus membeli pesawat tempur dan komersial yang baru, bukan bekas. Perlindungan petir dan kerusakan serangan Searah jarum jam dari kiri atas: Kerusakan petir pada stabilizer horizontal, kemudi, antena, dan jumper bond. kehidupan pelayanan. 

Kontroversi masih menyelimuti rencana Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto atas pembelian pesawat tempur bekas Eurofighter Thypoon dari Austria. Pengamat menilai langkah tersebut keliru dan berpotensi menimbulkan banyak persoalan di kemudian hari. Dikutip dari Pinter politik.com

Pesawat Lama Perlu Modifikasi Terutam Setua Pesawat Sriwijaya Air

Sumber foto : boing.com
Sumber foto : boing.com

Pesawat jenis baru boing jarang terjadi kerusakan, tetapi dalam kasus seperti itu, saluran petir dapat didorong mundur dari titik masuk atau keluar awal. Sebagai contoh, radome mungkin merupakan area titik masuk awal, tetapi saluran petir dapat didorong kembali sepanjang badan pesawat di belakang radome oleh gerakan maju pesawat.

Pemeriksaan pesawat lama sangat disarankan bahkan jika tidak ada kerusakan yang ditemukan selama pemeriksaan Zona 1 dan Zona 2. Singkatnya, setiap titik masuk dan keluar harus diidentifikasi di Zona 1, 2, atau 3 sehingga area terdekat di sekitarnya dapat diperiksa dan diperbaiki secara menyeluruh jika perlu.

Selanjutnya, Pesawat komersil atau tempur perlu melakukan pemeriksaan menurut ZONA Boeing menyediakan prosedur pemeriksaan sambaran petir untuk memastikan permukaan luar tidak rusak. Operator harus mengacu pada prosedur perawatan yang berlaku sebagai sumber otoritatif untuk instruksi inspeksi / perbaikan. Prosedur umum yang disediakan mencakup panduan umum berikut.

Dengan demikian, pesawat di indonesia rusak karena usia pesawat lama, terjadi kerusakan penangkal listrik namun tidak diperbaiki, serta tidak melakukan permeriksaan pesawat komersil secara berkala.  Lakukan pengecekan sistem kompas standby hanya jika awak pesawat melaporkan deviasi yang sangat besar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun